Terganggunya penglihatan tentu bisa mempengaruhi produktivitas seseorang dalam bekerja. Akan tetapi, bagaimana cara menjaga kesehatan mata bagi pekerja yang beraktivitas seharian di depan layar komputer? Berikut adalah 7 tips menjaga mata tetap sehat bagi kamu yang sering menatap layar komputer

1. Menyelingi Kerja dengan Istirahat

Jika bekerja seharian di depan monitor, kamu sebaiknya tak lupa mengambil waktu istirahat tiap 30 menit sekali. Biasakan diri kamu untuk melihat jauh dengan jarak pandang sekitar 6 meter di sela-sela kerja. Cara ini kabarnya juga cocok diterapkan bagi orang yang melakukan pekerjaan dekat seperti membaca atau menjahit.

Kamu juga bisa mencoba aturan 20-20, di mana penganutnya melihat objek dekat 20 menit dengan selingan waktu 20 detik untuk menatap objek jauh berjarak lebih dari 6 meter. Trik ini bisa kamu coba tanpa beranjak dari kursi atau layar monitor. Dengan mengistirahatkan mata sejenak, kamu bisa meminimalisir risiko mata terkena gangguan.

2. Berkedip secara Teratur

Sadar atau tidak, refleks mata kamu saat berkedip akan mengalami penurunan selama bekerja di depan monitor. Akibatnya, mata cepat menjadi kering. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan mata bila dilakukan secara terus-menerus.

Oleh sebab itu, berkediplah secara teratur agar kesehatan mata kamu terjaga dengan baik. Kamu juga juga bisa memakai artificial tears untuk membuat mata tidak mudah kering selama berkerja di depan layar. Tetap jaga kesehatan mata ya!

3. Memerhatikan Jarak Pandang

Jarak pandang juga berdampak pada kesehatan mata. Kamu perlu memerhatikan jarak pandang mata ke layar komputer atau laptop. Saat bekerja, aturlah jarak mata kamu dengan layar sejauh 30-40 cm. Dengan begitu, mata kamu bisa terhindar dari berbagai hal buruk.

Jangan lupa juga untuk mengatur posisi gadget lebih rendah dari mata. Upayakan jarak pandang kamu ke layar membentuk sudut sekitar 15?. Silakan mencobanya ya!

4. Mengatur Cahaya di Ruangan Bekerja

Agar kesehatan mata terjaga dengan baik, kamu perlu mengatur pencahayaan dari layar komputer atau laptop selama bekerja. Perhatikan juga pencahayaan di ruangan tempat kamu bekerja. Jangan sampai cahaya ruangan terlalu kontras dengan cahaya yang terpancar dari layar.

Apabila cahaya dalam suatu ruangan terlalu redup, mata akan terasa tidak nyaman sehingga bisa menghambat pekerjaan. Jadi, aturlah pencahayaan layar dan ruangan sebaik mungkin agar mata kamu terhindar dari gangguan. Oke?

5. Melakukan Senam Ringan saat Beristirahat

Mengistirahatkan mata di sela-sela pekerjaan adalah hal yang baik. Saat itu, kamu dianjurkan melakukan senam ringan demi kesehatan mata. Hal ini juga ditujukan agar otot-otot bahu dan leher kamu menjadi lebih rileks sehingga terhindar dari computer vision syndrome.

Demikian 5 tips sehat menjaga kesehatan mata bagi kamu yang bekerja seharian di depan komputer atau laptop. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya. Tetap jaga kesehatan mata selama bekerja ya!

source

feature image - thebalancecareers.com