Ketika bekerja sehari- hari sebagian besar orang pasti sering merasakan lelah dan letih. Terutama ketika kita bekerja di depan komputer dan lebih sering duduk. Rasa lelah ini terkadang membuat kita sulit untuk fokus dalam bekerja.

 

Agar produktivitas kerja tetap terjaga, ada beberapa tips agar kamu tidak mudah lelah ketika bekerja.

 

1. Konsumsi Banyak Air

Credit: Jawa Pos

Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup merupakan kunci agar tubuh kamu tetap bertenaga selama bekerja. Air yang diminum tidak selalu harus air mineral, tapi kamu juga bisa mengonsumsi cairan berupa jus, teh, smoothies, minuman elektrolit, atau bahkan kuah sup. Selain dapat menjaga tubuh tetap bertenaga, dengan mengonsumsi banyak air, tubuh kamu juga tidak mudah sakit.

Menurut penelitian, tubuh manusia terus berada dalam kondisi dehidrasi setiap harinya. Dan ketika tubuh kamu sedang dehidrasi, maka kamu akan lebih mudah merasa lelah, ngantuk, dan lesu.

 

2. Makan Karbohidrat dan Protein

Credit: Hipwee

Selain mengonsumsi air yang cukup, tips lain agar kamu tidak mudah lelah saat bekerja yaitu konsumsi karbohidrat dan protein untuk energi yang maksimal.

Meskipun begitu, kamu tetap harus memilih sumber karbohidrat yang baik seperti roti gandum, nasi merah, apel dengan potongan keju, biskuit, selai kacang, atau protein bar. Dan sebaiknya hindari karbohidrat jahat seperti gorengan, makanan cepat saji, dan cemilan berupa keripik.

 

3. Berjalan di Dalam Kantor

Credit: Top Media

Melakukan sedikit gerakan atau olahraga kecil di kantor, sangat penting untuk membuat tubuh tetap berenergi. Berjalan di dalam kantor bisa dilakukan dengan berjalan mengambil air, pergi ke kamar mandi, naik turun tangga atau sekedar stretching.

Hal ini bagus dilakukan secara teratur agar tubuh kamu tidak mudah lelah. Selain itu, dengan melakukan olahraga kecil dikantor, dapat membantu menjaga pikiran tetap fokus.

 

Selain ketiga tips tersebut, untuk menjaga tubuh agar tetap berenergi ketika bekerja yaitu dengan meminum suplemen atau vitamin, seperti vitamin C, yang membantu tubuh kamu tetap fit sepanjang hari.

 

Featured Image - Cosmopolitan