Kamu mungkin sudah mengetahui tren jus seledri dan mendengar bahwa seledri adalah salah satu bahan makanan yang sehat untuk dijadikan jus. Seledri mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin C, vitamin K, kalium, asam folat, vitamin B6, dan kandungan cairan yang tinggi. Kombinasi kandungan unggulan tersebut, dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama jika seledri dijadikan jus.

Jus seledri sendiri terkenal akan manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tetapi ternyata jus seledri memiliki berbagai manfaat yang dapat kamu rasakan jika mengonsumsinya secara rutin.

1. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Credit: Alodokter

Rutin mengonsumsi jus seledri dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Terkena paparan radikal bebas dari lingkungan akan membuat peradangan dalam sel- sel tubuh dan hal tersebut memiliki resiko yang tinggi untuk kesehatan.

Kandungan zat antioksidan dalam seledri, terbukti mampu melawan dan mencegah terjadinya peradangan dalam sel dan DNA dalam tubuh. Sehingga, dengan rutin mengonsumsi jus seledri tubuh menjadi lebih optimal.

2. Menekan terjadinya stres oksidatif pada tubuh

Credit: Liputan 6 

Selain peradangan pada tubuh, paparan radikal bebas dan asupan zat berbahaya dalam tubuh juga dapat memberikan dampak buruk pada tubuh berupa terjadinya stress oksidatif. Ini merupakan kondisi yang akan meningkatkan risiko penyakit degeneratif, misalnya stroke, kanker dan penyakit jantung koroner.

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada jus seledri terbukti mampu memberikan manfaat pencegahan dan melawan kondisi stres oksidatif pada tubuh dengan cukup baik.

3. Menjaga kesehatan jantung dan ginjal

Credit: Harian indo

Kombinasi kandungan gizi yang ada pada jus seledri, terbukti mampu memberikan manfaat untuk kesehatan jantung dan ginjal. Hal ini disebabkan, kandungan pada jus seledri bisa memberikan asupan antioksidan dan cairan alami yang mudah serap oleh tubuh.

4. Dapat mencegah kanker

Credit: Top Media

Mengonsumsi jus seledri secara rutin dianggap mampu memberikan manfaat penyembuhan untuk pasien kanker yang melakukan kemoterapi.

Hal ini juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh berupa pencegahan terhadap kanker, didukung dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi, lengkap, dan mudah serap oleh tubuh.

5. Menurunkan tekanan darah

Credit: Liputan 6

Kombinasi kandungan zat yang ada pada bagian daun, batang, dan biji seledri, memiliki sifat anti hipertensi yang baik untuk memperbaiki fungsi kerja dinding arteri dalam pembuluh darah. Hal ini membuat tekanan darah lebih terkontrol dan tubuh menjadi terhindar dari dari tekanan darah tinggi.

 

Featured Image - Hello Sehat