Pemanfaatan teknologi memang menjadi salah satu kunci dalam menghadapi berbagai situasi yang sulit, termasuk saat pandemi Covid-19 seperti ini. Buat kamu yang sedang work from home atau WFH, sudah berapa kali menjalani online meeting nih?

Work from home bukan jadi alasan kamu tidak hadir dalam pertemuan atau diskusi mengenai pekerjaan kantor yang dilakukan secara berkelompok, nih. Video konferensi menjadi salah satu pemanfaatan teknologi yang digunakan banyak pegawai yang berada di rumah selama pandemi ini.

Tapi pemanfaatan teknologi seperti video konferensi ini bukan tanpa masalah, lho. Tetap saja ada hal yang membuat online meeting itu terganggu. Mulai dari sinyal internet yang kurang bagus, sampai suara-suara yang mengganggu jalannya pertemuan tersebut.

 

 

Nah untuk menghindari hal-hal mengganggu itu, di bawah ini setidaknya ada lima tips mudah supaya video konferensi kamu berjalan lancar. Penasaran apa saja tipsnya? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Siap Sedari Awal

Video konferensi biasanya dimulai dengan ditandainya pembagian tautan atau link dari aplikasi penyedia video konferesi. Nah sebaiknya sebelum pertemuan tersebut dimulai di jam yang sudah ditentukan, baiknya kamu sudah masuk ke ruangan virtual itu sebelum video konferensi dimulai.

Hal ini terkait dengan kuatnya sinyal internet kamu. Jika kamu masuk atau terhubung di saat-saat meeting akan dimulai dikhawatirkan ada saja gangguan teknis yang terjadi. Misalnya fitur kamera yang tidak berfungsi dan lainnya.

Jika kamu mulai dari awal, tentu kamu bisa mengantisipasi hal-hal tersebut agar tidak terjadi.

 

Mengetahui Kapan Menggunakan Mikrofon

Ini sederhana, tapi jika terjadi – akan mengganggu jalannya online meeting, lho. Jika sedang tidak berbicara, kamu bisa mematikan mikrofon agar tidak ada suara bising di belakang kamu yang masuk ke dalam video konferensi tersebut.

Jika kamu ingin berbicara lagi, kamu bisa menyalakan mikrofonnya dan beri tanda jika kamu akan berbicara.

 

Pastikan Kuota dan Kecepatan Koneksi Aman

Tidak ingin dong ketika di tengah video konferensi kamu tiba-tiba tidak tersambung mendadak karena kuota habis atau koneksi yang tidak stabil? Oleh karena itu, pastikan jatah atau kuota internet kamu cukup aman untuk digunakan video konferensi.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk mengetes koneksi internet, lho. Nanti ada parameternya tersendiri untuk menyatakan kalau koneksi kamu aman.

 

Cari Tahu Fitur di Aplikasi Video Konferensi

Seperti bisa menampilkan layar laptop kamu untuk menunjukan pekerjaan atau presentasi lainnya – adalah beberapa fitur yang dimiliki di berbagai aplikasi untuk video konferensi. Nah, agar online meeting kamu berjalan lancar, kamu bisa cari tahu dulu segala fitur yang ada di dalamnya.

 

Jangan Lupa Tampil Dengan Rapi

Walau bawahannya tetap menggunakan celana tidur atau celana pendek, untuk menggunakan kamera dan tampil di video konferensi itu, kamu bisa mengenakan pakaian rapi terlebih dahulu nih bro. Gunakan kemeja kesayangan, lengkap dengan dasi kalau perlu agar menunjukan kamu benar-benar siap untuk melakukan diskusi di video konferensi tersebut.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya untuk pengaturan video konferensi mu agar berjalan dengan lancar!

 

Feature Image – tekno.kompas.com