Pandemi Covid-19 benar-benar membuat semua orang terpukul mundur. Beruntung jika masih menikmati masa kerja di rumah atau WFH. Beberapa bahkan diberitakan terpaksa diberhentikan dari tempat kerjanya karena perusahaannya tidak sanggup bayar upah pegawai.

Menanggapi hal ini, ada beberapa ide pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan hanya dari dalam rumah saja, lho. Beberapa peluang ini bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Lumayan, beberapa peluang ini memang mempunyai pasar tersendiri yang besar.

 

 

Penasaran apa saja peluang bisnis atau pekerjaan sampingan yang dimaksudkan? Daripada menebak-nebak sendiri, sekarang sila kamu simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Buat dan Jual Sendiri Masker Kain

Terkait dengan pandemi virus corona yang sampai sekarang ini belum selesai, kebutuhan untuk memiliki dan menggunakan masker sudah masuk ke daftar kebutuhan pokok atau primer. Menggunakan masker sangat diwajibkan jika kamu terpaksa keluar rumah.

Sayangnya – beberapa waktu lalu, terkait soal masker – ada berbagai pemberitaan yang menyedihkan. Beberapa kalangan dan oknum sempat disinyalir menimbun masker dan menjualnya lagi dengan harga yang tidak masuk akal.

Satu box atau satu kotak masker yang pada umumnya dijual seharga kurang lebih Rp 50 ribu, pada saat itu dijual bisa Rp 300 ribu. Menanggapi soal ini lagi – kamu bisa lho membuat dan menjual sendiri masker yang dibutuhkan banyak orang ini.

masker kain bisa sekali pakai dan dicuci kembali menggunakan sabun hingga bersih. Mahalnya masker medis membuat masker kain jadi punya peluang untuk dijadikan penghasilan tambahan.

 

Membangun Online Shop

Selagi pandemi virus corona atau Covid-19, tempat-tempat yang memicu keramaian seperti pasar dikurangi aktivitasnya dengan diterapkan sistem PSBB, social-physical distancing dan lain sebagainya. Ini tentu membuat bisnis online mencuat.

Pasalnya online shop bisa diakses oleh banyak orang dalam satu waktu tanpa memerlukan kehadiran fisik antara penjual dan pembeli. Mereka bisa berinteraksi dengan berbagai platform atau aplikasi mengobrol seperti Whatsapp dan sebagainya.

Proses pembayarannya pun sekarang semakin mudah. Berbagai aplikasi fintech sudah bisa diintegrasikan atau kamu juga bisa menempuh jalur pembayaran dengan m-banking.

 

Hobi Menulis? Sila Jadi Freelance Writer

Kebutuhan pengisian konten di website, di berbagai jenis sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram membutuhkan orang-orang yang dedikasi untuk melakukannya. Bentuk konten yang paling umum adalah tulisan.

Baik yang panjang seperti artikel atau yang pendek seperti kalimat-kalimat ajakan untuk membeli barang terkait brand tersebut – buat kamu yang hobi menulis, kamu bisa nih terjun di dunia freelance writing. Cukup berkompetisi kok upah dari pekerjaan lepas yang satu ini.

 

Freelance Desain Grafis

Tidak jauh berbeda dengan jasa freelance writing – desain grafis juga dibutuhkan untuk mengisi konten berbagai platform digital. Biasanya pekerjaan ini juga terkait dengan para penulis untuk membuat konten yang seru.

Oh iya, untuk memasarkan jasa kamu ini – kamu bahkan bisa memulai dari sosial media yang kamu miliki, lho. Jangan lupa untuk memberikan kartu harga agar mereka yang ingin membutuhkan mu mengetahui seberapa besar upah yang kamu harapkan.

 

Jadi Pengajar Online

Memanfaatkan teknologi video konferensi yang ada seperti Zoom, Microsoft Team, Skype, dan sebagainya – bisa membuat kamu jadi guru les online, lho. Mengingat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 bukan hanya kamu saja tapi juga anak sekolah.

Mereka juga diliburkan sementara karena aktivitas ramai di sekolah dinilai sebagai titik rawan penularan virus corona terhadap anak-anak. Nah, selagi mereka mesti belajar dari rumah, kamu bisa nih tawarkan kemampuan mu untuk jadi guru les online!

 

 

Wah bagaimana nih? Dari lima pekerjaan sampingan atau peluang bisnis yang sudah disebutkan di atas – kira-kira mana yang cocok dengan kemampuan kamu? Lumayan nih bisa dapat penghasilan tambahan!

 

Feature Image – oketekno.com