Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai dampak bagi berbagai bidang industri, termasuk para pebisnis dan pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM). Pada keadaan seperti ini, mereka harus berjuang untuk mempertahankan usaha yang dijalani.

Beruntungnya, saat ini teknologi merupakan salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis dan pemilik UKM, untuk memasarkan bisnisnya secara online. Dan salah satu platform yang menyediakan teknologi tersebut adalah Instagram.

Credit: sab.id

Saat ini Instagram sudah memiliki dua inisiatif untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia, terutama di bidang kuliner, dalam membangun strategi pemasaran yang sesuai dan meningkatkan penjualan. Seperti, menyelenggarakan Akademi Instagram untuk membantu meningkatkan strategi pemasaran usaha di tengah pandemi Covid-19.

Para peserta Akademi Instagram akan diberi pelatihan langsung dari para pakar di berbagai bidang, mulai dari cara mengelola bisnis di tengah pandemi Covid-19, serta dibekali dengan ilmu kreatif dalam membangun komunikasi dengan para pelanggan melalui visual dan copywriting.  Selain itu, Program yang merupakan hasil kolaborasi Instagram dengan Kreavi tersebut, juga akan memberikan kurikulum mengenai pelatihan, tips dan trik menjalani, serta bagaimana mempertahankan usaha di situasi seperti sekarang ini.

Credit: lowyat.net

Sebelum berkolaborasi dengan Kreavi dalam meluncurkan program Akademi Instagram, platform media sosial ini juga sudah meluncurkan fitur stiker Food Order di Instagram Stories yang memudahkan pebisnis kuliner untuk mengajak pelanggan mereka melakukan pemesanan.

Jika menggunakan akun bisnis Instagram, pada Stories akan ada pilihan stiker “Food Order” yang berguna untuk memasukan tautan bisnismu di aplikasi mitra pengantar makanan. Dengan menggunakan stiker ini, pengguna dapat mempromosikan makanan atau minuman yang dijual dan followers hanya cukup click tulisan ‘pesan’ dan langsung bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi layanan pesan antar.

Di masa sulit seperti ini, setiap penjualan begitu berarti, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Kami ingin membantu mereka agar tidak patah semangat dalam mempertahankan bisnis mereka dan terhubung dengan pelanggan. Kehadiran stiker ‘Pesanan Makanan’ ini diharapkan dapat memberi kemudahan untuk masyarakat Indonesia berinteraksi dan membantu bisnis kuliner favorit mereka di Instagram” ujar Kaylie Smith, Head of Market Operations Instagram Asia Pasifik, dikutip dari Kumparan.

 

Featured Image - businessinsider.sg

Source - kumparan.com