Selama pandemi Covid-19, semua orang yang berpergian keluar rumah wajib menggunakan masker. Kebijakan ini berlaku bagi orang yang sakit maupun sehat.

Credit: healthnewshub.org

Bagi kamu yang bukan pengguna kacamata, menggunakan masker mungkin bukanlah hal yang sulit. Namun, bagi pengguna kacamata, seringkali mengalami kendala saat menggunakan masker, yaitu kacamata jadi berkabut atau beruap setiap kali bernapas. Bahkan, hal ini bisa jadi masalah besar jika dialami oleh para dokter yang bertugas merawat pasien, termasuk pasien Covid-19.

Untuk mengatasinya, berikut ini 3 tips mudah yang bisa kamu lakukan.

Air Sabun

Menurut penelitian dalam jurnal medis Annals of The Royal College of Surgeons of England menyebutkan bahwa air dan sabun dapat mengatasi masalah kacamata yang berembun ketika menggunakan masker.

Sebelum menggunakan masker, cuci kacamata dengan air sabun, dan bersihkan sisa- sisa air sabun yang masih menempel pada kacamata. Kemudian, biarkan mengering secara alami, atau gunakan lap kacamata untuk mengeringkannya.

Air sabun dapat menciptakan lapisan film tipis yang dapat menghilangkan efek uap pada permukaan kacamata karena menggunakan masker. Namun, cara ini perlu diulangi beberapa kali dalam sehari.

Kawat Masker

Beberapa masker mungkin memiliki penjepit atau kawat masker fleksibel yang ada di bagian hidung. Kawat ini dapat digunakan untuk mengatur tingkat kelembapan yang masuk atau keluar dari masker tersebut.

Namun, jika kamu menggunakan masker kain, maka kamu dapat memanfaatkan objek yang fleksibel seperti paper clip untuk menjepit bagian atas masker, sehingga masker bisa jadi lebih ‘ketat’.

Credit: theconversation.com

Gunakan Tisu

Selain dua cara di atas, kamu juga dapat menggunakan tisu untuk mengatasi masalah kabut pada kacamata. Caranya, lipat tisu wajah menjadi bentuk persegi panjang, lalu letakkan tisu tersebut pada bagian masker yang menyentuh batang hidungmu.

Tisu ini bermanfaat untuk menyerap kelembapan ekstra yang keluar dari masker ke kacamata.

Nah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya bagaimana cara mengatasi kacamata yang berembun ketika menggunakan masker? Coba terapkan tips- tips di atas ya, dan jangan lupa untuk menggunakan masker serta terapkan physical distancing ketika harus berpergian keluar rumah.

 

Featured Image - nytimes.com

Source - cnnindonesia.com