Pandemi Covid-19 yang sekarang masih berlangsung ini benar-benar membatasi pergerakan banyak kalangan. Seperti kamu yang biasanya berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dengan mendatangi toko-toko di pasar atau swalayan, sekarang kamu dianjurkan untuk belanja online saja dari rumah.

Memang sih lebih praktis, namun tetap saja ada beberapa kebutuhan yang tidak bisa dibeli secara online begitu saja. Akan tetapi untuk generasi millennial, mungkin berbelanja online sudah bukan hal baru buat mereka. Bahkan mungkin di antara kamu, ada yang hampir setiap hari menerima paket belanjaan.

 

 

Bicara soal paket belanjaan yang datang ke rumah, ada kekhawatiran di tengah pandemi ini kalau paketnya bisa saja terdapat virus corona yang menempel. Lalu apa yang mesti kamu lakukan kalau begini? Tenang, di bahasan kali ini, ada beberapa solusinya, kok!

 

Solusi Terima Paket Belanjaan yang Aman

 

Semprot Cairan Desinfektan

Cara pertama yang bisa menghindarkan kamu dari paket yang terkontaminasi oleh virus corona adalah menyemprotkannya dengan cairan desinfektan terlebih dahulu. Tapi hal ini bukan untuk paket yang berisi makanan, ya.

Paket barang kebutuhan lainnya bisa kamu semprotkan terlebih dahulu, kemudian kamu bisa diamkan sejenak. Kurang lebih 15 menit. Jika sudah 15 menit, barulah kamu bisa membuka paket tersebut untuk mengambil barang yang kamu beli.

Walau menurut WHO dan CDC kecil kemungkinannya virus corona bisa menular dari paket yang kamu beli, namun untuk menjaga serta mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, lebih baik kamu melakukan cara pertama ini.

 

Buka Dengan Sarung Tangan

Kalau bisa, gunakan sarung tangan sekali pakai yang langsung bisa dibuang ketika sudah kamu gunakan. Setelah paket didiamkan 15 menit, kamu bisa buka paket tersebut dan mengambil barang yang kamu beli. Lalu, jangan lupa, buang kotak atau bungkus dari paket tersebut.

Kalau perlu, kamu bisa bakar bungkus atau kotak paket tersebut agar memastikan tidak ada yang tersisa dari paket tersebut. Maklum, sebagai langkah preventif – memang ada hal-hal yang mesti kamu lakukan seperti ini.

 

Jangan Lupa Cuci Tangan Dengan Sabun

Terakhir, jangan lupa ketika barang belanjaan kamu sudah diambil dan bungkusnya sudah kamu buang – kamu kembali lagi mencuci tangan dengan sabun sampai bersih. Tidak hanya dicuci, pastikan kamu mengeringkan tangan kamu dengan benar.

Hal ini mengacu kepada langkah preventif agar kulit tangan kamu tidak cepat kering atau bahkan iritasi karena intensitas cuci tangan tinggi.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah ya kamu tidak perlu khawatir untuk berbelanja online karena beberapa langkah di atas bisa menghindarkan kamu dari paparan virus corona yang kecil kemungkinannya menyebar dari paket belanjaan.

 

Feature Image – economy.okezone.com