pneumonia. Tapi, tak hanya itu saja. Belum lama ini ditemukan bahwa virus corona juga dapat menyerang organ atau bagian tubuh lainnya, selain saluran pernapasan.

 

Credit: health.grid.id

Dikutip dari New York Post, berikut ada adalah 7 bagian tubuh lainnya yang juga dapat ikut diserang Covid-19.

Mata

Pada beberapa kasus orang yang terpapar Covid-19, mengalami gejala mata merah atau konjungtivitias. Para dokter mengatakan kondisi tersebut dapat terjadi pada pasien yang mengalami gejala cukup berat dan parah.

Sebuah studi terhadap 38 pasien virus corona di suatu rumah sakit di Hubei, China, menemukan  bahwa sepertiga dari mereka mengalami mata merah.

Otak

Gangguan neurologis atau yang berkaitan dengan saraf otak seperti pusing, gangguan kesadaran, dan cedera otot juga terjadi pada beberapa kasus pasien yang terinfeksi Covid-19.

Dalam studi mengenai fungsi sistem saraf yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa kondisi penggumpalan darah pada otak dapat terjadi pada pasien Covid-19 dengan gejala parah, sehingga hal ini dapat menyebabkan pasien mengalami kejang dan juga stroke.

Jantung

Pada beberapa kasus Covid-19, para dokter juga melihat ada pasien yang mengalami gangguan pada jantung, seperti timbulnya peradangan otot jantung yang cukup mengkhawatirkan.

Dalam kasus ini, kondisi pernapasan pasien terinfeksi Covid-19 terlihat berangsur membaik, namun mereka mengalami gangguan pada jantung yang cukup parah.

Credit: id.theasianparent.com

Sistem Sensorik

Salah satu gejala baru dari Covid-19 adalah hilangnya kemampuan indera perasa dan penciuman seseorang. Kondisi ini juga lebih dikenal sebagai anosmia. Sebuah studi yang dilakukan oleh King’s College London, menyebutkan bahwa sebanyak 60% pasien Covid-19 mengalami gejala hilangnya indera perasa dan juga penciuman mereka.

Darah

Menurut para dokter, Covid-19 juga dapat menyebabkan adanya pembekuan pada pembuluh darah pada pasiennya. Gumpalan darah ini dapat menyebar ke paru- paru dan otak.

Selain itu, kondisi ini juga dapat memicu timbulnya emboli paru atau penyumbatan pada pembuluh darah di paru- paru. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui alasan pasti mengapa virus corona dapat menyebabkan pembekuan pada darah.

Sistem Pencernaan

Timbulnya masalah pencernaan seperti diare, muntah, dan sakit perut juga merupakan salah satu keluhan yang dirasakan oleh sebagian besar pasien Covid-19.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology, menyebutkan bahwa hampir setengah dari pasien terinfeksi Covid-19 yang dirawat di rumah sakit di Hubei, China, mengalami masalah pada pencernaan mereka.

Ginjal

Selain timbulnya gangguan atau masalah pada keenam bagian tubuh di atas, beberapa pasien Covid-19 juga mengalami kerusakan pada ginjal yang cukup mengkhawatirkan, bahkan ada yang sampai membutuhkan dialisis atau cuci darah.

Dikutip dari Washington Post, 14-30% pasien yang dirawat secara intensif akibat Covid-19 di New York dan Wuhan, China, mengalami kerusakan fungsi ginjal, hingga membutuhkan bantuan cuci darah.

 

 

Featured Image - honestdocs.id

Source - detik.com