Seperti yang diketahui bersama kalau si kecil tentu tidak akan betah berlama-lama jika salah satu anggota tubuhnya dibatasi – seperti pemakaian masker yang mesti menutupi sebagian wajahnya ketika memang mesti keluar rumah.

 

 

Tidak betahnya si kecil tentu jadi tantangan tersendiri buat kamu nih agar ia mau mengenakan masker untuk sementara. Kira-kira bagaimana caranya ya? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

Pastikan Ukurannya Pas

Hal pertama yang mesti kamu perhatikan untuk pemakaian masker buat si kecil adalah ukurannya yang pas dan tidak mengganggu wajah si kecil. Tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil – jadi si kecil tidak merasa terganggu karena pemakaian masker tersebut.

 

Pakai Kostum Tertentu

Tidak memperlihatkan semua bagian wajah layaknya superhero yang si kecil suka – kamu bisa nih tambahkan kostum tertentu seperti baju superhero kesukaanya agar si kecil ia seperti dalam misi, nih. Dari sini biasanya si kecil akan lupa dan malah terbiasa untuk mengenakan masker buat sementara ini.

 

Memberi Tahu Alasannya

Sudah bisa dipastikan kalau si kecil akan bertanya-tanya kenapa ia mesti mengenakan masker. Apalagi kalau menurut mereka masker ini mengganggu. Kamu bisa beritahu keadaan atau kondisi sebenarnya terkait pandemi Covid-19 yang berbahaya ini.

Salah satu menghindari infeksinya adalah mengenakan masker jika keluar rumah dan rajin cuci tangan serta menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal. Jika sudah diberitahu, tentu si kecil akan mengerti dengan perlahan. Asal kamu tidak bosan untuk menjelaskannya dengan pelan-pelan ya.

 

Buat Permainan!

Siapa bilang mengenakan masker malah membosankan dan mengganggu? Untuk si kecil, kamu bisa membuat hal ini jadi sebuah permainan, lho. Anggap saja kamu dan si kecil sedang membuat permainan menebak ekspresi.

 

Jadikan Hal Ini Normal

Nah, ini hal lain yang bisa kamu katakan ke si kecil jika ia bertanya mengapa mesti mengenakan masker. Katakan hal ini adalah sebuah hal normal yang dilakukan banyak orang. Bahkan kamu bisa menunjukan foto di mana kamu dan banyak orang lainnya mengenakan masker. Jadi si kecil nanti akan menganggap hal ini memang normal dan mesti dilakukan.

 

Kasih Hadiah

Cara terakhir ini adalah cara klasik dengan mengiming-imingi hadiah untuk si kecil yang mau mengenakan masker tanpa mesti dicopot ketika berada di luar rumah. Tidak apa-apa yang penting si kecil mau mengenakan masker, ya!

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah paham berbagai cara yang bisa kamu terapkan biar si kecil tidak merasa terganggu saat mesti mengenakan masker?

 

Feature Image - Kumparan