Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung di Indonesia.

Hal tersebut mengacu kepada anjuran dan himbauan buat masyarakat yang memeluk agama islam yang ingin menjalankan solat Ied, untuk melakukannya di rumah saja bersama keluarga. Hal ini juga menjadi langkah pencegahan tertularnya kamu oleh virus corona.

Terlepas dari hal di atas – apa sih yang benar-benar melekat dengan kamu ketika Hari Raya Idul Fitri? Ketupat, opor ayam, atau berbagai jenis kue kering mungkin salah satu jawabannya. Tapi yang melekat juga adalah THR!

 

 

Buat kamu yang akhirnya THR turun dari kantor, Alhamdulillah patut kamu syukuri nih – mengingat banyak pegawai lain yang akhirnya mesti bersabar karena THR nya dipotong 50% atau malah tidak turun sama sekali. Oleh karena itu, terkait dengan masa pandemi seperti ini, THR kamu mesti dihemat, nih.

Bagaimana cara untuk menghemat THR kamu? Tenang, di bahasan kali ini, setidaknya ada lima cara cerdas atau tips bermanfaat untuk bantu kamu mengatur THR secara maksimal. Penasaran apa saja cara dan tipsnya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

Ditabung, Sangat Jelas

Dilansir dari situs Glints – THR kamu yang jelas sebagian perlu ditabung. Entah besaranya berapa, kalau bisa mungkin mencapai 50% dari total uang THR tersebut sebaiknya disisihkan dan ditabung. Tabungan tersebut bisa jadi dana darurat untuk kebutuhan tidak terduga buat kedepannya, lho.

Bentuk tabungannya juga bisa bermacam-macam. Misalnya, kamu sisihkan jumlah uang tersebut dan dikonversikan menjadi emas, saham atau bentuk investasi lainnya. Selain nilai uangnya utuh, jika ditabung dalam bentuk investasi itu, kamu bisa dapat untung lebih lagi, lho!

 

Tahan Nafsu Belanja Online

Di masa pandemi Covid-19 ini, berbelanja kebutuhan direkomendasikan menggunakan jasa online. Kamu boleh kok tetap berbelanja kebutuhan, namun – pastikan kamu tahu bagaimana prioritas yang mesti kamu penuhi dulu, ya.

Jika barang atau apapun yang kamu inginkan itu masih dalam level kebutuhan sekunder bahkan cenderung tersier, lebih baik kamu cukupi dulu kebutuhan primer dan tahan untuk beli barang di level sekunder atau tersier.

 

Zakat dan Sedekah

Ini dijamin tidak akan mengurangi rejeki yang kamu miliki, lho. Percaya atau tidak, rejeki kamu malah akan bertambah banyak – asal melakukannya dengan ikhlas, ya. Kamu juga mesti sadar jika rejeki yang kamu dapat tidak melulu seluruhnya milikmu, pasti ada miliki orang lain.

Di agama Islam, dianjurkan untuk mengeluarkan sebesar 2,5% untuk ‘membersihkan’ rejeki tersebut. Jika ingin lebih dari jumlah persen tersebut, sila saja asal yang jelas kamu ikhlas dan semoga bisa mendapat berkahnya ya!

 

Buat Daftar Kepentingan

Terkait dengan cara atau tips kedua sebelumnya – kamu mesti mempunyai daftar kepentingan apa saja yang mesti kamu cukupi nih. Tentu hal ini harus berdasarkan tingkat prioritas dan level kebutuhan. Jadi pastikan kamu mencukupi segala kebutuhan primer kamu, ya!

 

Proyeksi di Tahun Depan

Ini terkait dengan tips atau cara pertama sebelumnya nih – kalau sebelumnya kamu direkomendasikan untuk menabung atau menginvestasikan sejumlah THR kamu, sekarang kamu bisa buat proyeksi untuk tahun depan dari dana yang kamu simpan.

Hal ini akan memudahkan kamu di tahun berikutnya, lho. Jika tahun depan kamu tetap dapat THR lagi, kamu bisa mengkombinasikan sejumlah dana tersebut untuk keperluan lainnya.

 

 

Nah itu dia lima cara dan tips untuk mengatur THR kamu. Semoga bisa kamu terapkan dengan baik, ya!

 

Feature Image – intisari.grid.id