Dalam hidup kita seringkali merasakan keadaan yang naik turun. Tidak ada satu orang pun yang hidupnya selalu merasa bahagia setiap harinya, dan pasti ada saja hal yang membuat orang menjadi kesal.

Hal ini juga sering terjadi disaat kita sedang bekerja. Dan dalam waktu singkat, suasana hati yang tadinya baik, mendadak berubah jadi buruk dan kamu pun menjadi tidak semangat dalam menjalani hari. Agar pekerjaan kamu tidak terasa berantakan karena suatu hal yang sepele, sebaiknya lakukan tips berikut:

1. Luangkan Waktu untuk ‘Me Time’

Credit: Hipwee

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time. Dengan begitu, kamu bisa menenangkan pikiran sejenak dari hal- hal yang membuat suasana hatimu menjadi buruk.

Di sela-sela jam istirahat untuk makan siang, sempatkan diri untuk sendirian di suatu ruangan yang sepi. Pastikan tidak ada orang agar kamu tetap fokus pada dirimu sendiri. Dan sambil menenangkan pikiran, cari solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi saat ini.

2. Jauhkan Gadget dari Hadapan

Credit: Top Media

Sesekali, jauhkan diri kamu dari gadget agar bisa lebih mengenali diri sendiri.  Aplikasi yang terpasang di gadget, seperti media sosial, dapat menjadi salah satu penyebab yang membuat kamu merasa kacau balau.

Dan sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan waktu untuk membaca buku, berdiskusi, atau bersantai menikmati suasana di sekitar kantor.

3. Dengarkan Musik Favorit saat Jam Istirahat

Credit: Hipwee

Ketika kamu sedang merasa bad mood terutama saat hari kerja, maka cobalah dengarkan musik yang dapat membangkitkan kembali semangat bekerjamu, seperti musik hip hop atau R&B. dan hindari musik yang bernada slow, karena jenis musik ini hanya akan membuatmu semakin tidak bersemangat.

4. Jalan-Jalan di Sekitar Kompleks Kantor

Credit: Tribun News

Suasana hati yang buruk dapat disebabkan karena kamu merasa bosan dengan suasana kerja yang begitu- begitu saja. Sebaiknya, manfaatkan jam istirahatmu untuk jalan- jalan di sekitar kantor.

Tidak perlu terlalu lama, cukup 10- 15 menit saja untuk merasakan suasana yang berbeda dari biasanya. Dengan hal ini, kamu bisa kembali merasa tenang dan dapat kembali bekerja dengan baik.

5. Ajak Seseorang untuk Berbicara

Credit: Hipwee

Jika kamu memiliki masalah, hindari untuk memendamnya sendirian. Hal ini dapat membuatmu semakin sedih, tertekan, dan tidak nyaman. Sebaiknya ceritakan masalahmu kepada orang lain yang kamu percaya. Hal ini akan membantu kamu untuk menjadi lebih nyaman dan dapat kembali fokus kepada tugas yang akan kamu kerjakan.

Featured Image - Top Media