Jaga Kesehatan Selama Di Rumah, Hindari 5 Kebiasaan yang Dapat Turunkan Imun

Jaga Kesehatan Selama Di Rumah, Hindari 5 Kebiasaan yang Dapat Turunkan Imun

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, sebagian besar orang gencar dalam menjaga kesehatannya. Tentu cara ini dilakukan agar terhindar dari penularan virus corona. Salah satu kunci utama untuk mencegah terinfeksi Covid-19 adalah meningkatkan sistem imunitas, sehingga kekebalan tubuh tetap terjaga. Hal ini pun sudah di informasikan sejak awal kasus Covid-19 merebak, bersamaan dengan imbauan rutin mencuci tangan.

 

Jaga Kesehatan Selama Di Rumah, Hindari 5 Kebiasaan yang Dapat Turunkan Imun

Credit: liputan6.com

Cara meningkatkan imunitas tubuh pun bermacam- macam, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, jadi rutin olahraga, hingga mengonsumsi multivitamin atau suplemen yang mengandung vitamin C.

Namun sayangnya, masih ada lho kebiasaan- kebiasaan buruk yang masih dilakukan tanpa kamu sadari, terutama di masa karantina mandiri alias di rumah saja. Apa aja kebiasaan tersebut? Berikut ulasannya.

Malas Bergerak

Malas bergerak alias mager pasti sering kamu alami, apalagi sejak diterapkannya work from home. Kebiasaan ini identik sekali dengan sedentary lifestyle, dimana kamu jadi kurang aktif. Jarang bergerak dapat berisiko meningkatkan berat badan dan dapat menurunkan sistem imunitas serta kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan olahraga secara rutin ya. Olahraga dapat melepaskan hormon stres, sehingga bisa menurunkan inflamasi, microbal killing, dan meningkatkan sitokin atau sel imunitas tubuh.

Konsumsi Gula Berlebih

Sistem kekebalan tubuh memiliki hubungan dengan microflora usus. Keseimbangan bakter baik dan jahat dalam usus berperan penting dalam pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Salah satu kebiasaan yang dapat menurunkan microflora usus adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula. Padahal, gula ini disukai oleh bakteri jahat dan dapat mengurangi jumlah bakteri baik, sehingga kemampuan sel darah putih pun jadi melemah. Sel darah putih sendiri juga memiliki peran untuk melawan penyakit.

Jaga Kesehatan Selama Di Rumah, Hindari 5 Kebiasaan yang Dapat Turunkan Imun

Credit: thehealthy.com

Makanan yang Digoreng

Salah satu cara memasak yang mudah dan sering diterapkan adalah menggoreng. Namun, cara ini justru dapat menurunkan kadar gizi suatu makanan, lho. Jika kamu mengonsumsi makanan yang gizinya sudah berkurang, maka tubuh akan kekurangan nutrisi dan imunitas tubuh dapat menurun.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengurangi menggoreng makanan, dan ganti dengan merebus atau memanggang makanan tapi tidak di atas suhu 200 derajat celcius ya.

Berada Di Ruangan Dalam Waktu Lama

Imbauan tetap berada di rumah bukan berarti kamu tak benar- benar keluar rumah. Kamu tetap perlu keluar rumah sesekali, untuk berjemur dan mendapatkan paparan sinar matahari.

Sinar matahari dapat mendukung produksi vitamin D yang juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa berjemur pada pukul 10.00 pagi dan lakukan slama 10-15 menit saja.

Begadang

Kerja dari rumah cenderung membuat jam tidurmu berantakan. Akibatnya, jam tidur berkurang dan kamu merasa perlu ‘merapel’ jam tidur keesokan harinya. Hal ini tentu tak baik ya untuk kesehatan.

Sistem jam tidur seseorang itu berlaku per hari. Jadi, kamu perlu tidur setidaknya 7 jam setiap hari, agar sel tubuh dapat melakukan regenerasi secara maksimal setelah beraktivitas seharian.

Hormon pertumbuhan mulai diproduksi saat malam hari, produksi tertinggi yaitu pada pukul 23.00-02.00. Kalau kamu masih terbangun di jam- jam tersebut, maka dapat menurunkan imunitas tubuh.

Nah, itu dia kelima kebiasaan yang dapat menurunkan imunitas tubuh, terutama selama masa karantina mandiri seperti sekarang ini. Mulai sekarang coba hindari kebiasaan- kebiasaan tersebut ya.

Dan agar tubuh tetap sehat, selalu terapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak makan buah dan sayur, rutin berolahraga, cukupi kebutuhan cairan tubuh, tidur yang cukup, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C dua kali sehari.

Enervon-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang secara optimal dapat menjaga daya tahan tubuh, serta membantu proses metabolisme sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi. Jadi, tubuh tetap sehat dan berenergi selama seharian!

 

Featured Image - yesdok.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!