Cuka apel memang sudah dikenal memiliki beragam manfaat, mulai dari dapat menjaga kolesterol normal hingga menurunkan berat badan. Selain itu, cuka apel juga dapat mengatasi beragam masalah pada kulit, sehingga banyak orang yang menggunakan bahan ini untuk mandi.

Beberapa orang mungkin masih ragu untuk mencoba mandi menggunakan cuka apel karena bahan ini bersifat asam. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Karena sifat asam pada cuka apel relatif aman bagi kulit selama tidak digunakan secara berlebihan.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mandi pakai cuka apel!

1. Mencegah infeksi jamur dan bakteri pada organ intim

Credit: Jawapos

Umumnya, bakteri hidup dalam orgam intim dengan jumlah yang seimbang tidak akan menimbulkan penyakit. Infeksi baru akan terjadi ketika adanya pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab penyakit yang berlebih di organ intim.

Cuka apel dapat mencegah timbulnya infeksi dengan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Dengan mandi pakai cuka apel, maka infeksi jamur dan bakter pun dapat segera teratasi.

2. Melembutkan kulit

Credit: Jawapos

Cuka apel mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, yang mampu mempercepat metabolisme sel, merangsang pembelahan sel baru, serta dapat meningkatkan produksi kolagen yang penting untuk kesehatan kulit.

Selain itu, mandi dengan cuka apel akan membantu meregenerasi kulit kamu, sehingga kulit akan terasa bersih, lembut, dan terasa kenyal.

3. Mencegah bau badan

Credit: IDN Times

Bau badan biasanya timbul ketika keringat bercampur dengan bakteri yang ada pada permukaan kulit. Selain deodorant, cuka apel juga dapat mengatasi masalah bau badan yang kamu alami. Senyawa antibakteri pada cuka apel memiliki fungsi yang sama dengan deodoran, yaitu membunuh bakteri penyebab bau badan.

4. Mengembalikan pH kulit

Credit: Hipwee

Untuk mencegah gangguan pada kulit, nilai pH harus tetap seimbang yaitu berkisar antara 4,5 sampai 5,5. Jika pH sudah terlalu rendah, maka kulit akan terasa lebih kering, mudah gatal, dan meradang. Sementara, jika pH lebih tinggi, bakteri dan jamur dapat tumbuh, sehingga kulitmu pun jadi rentan terhadap infeksi.

Mandi pakai cuka apel dapat mengembalikan keseimbangan nilai pH sehingga kulit kamu dapat terlindungi dari kedua gangguan tersebut.

5. Mencegah eksim

Credit: Jawapos

Nilai pH yang sedikit asam berperan sebagai pelindung kulit dari berbagai penyebab iritasi. Jika nilai pH berubah, kulit akan kehilangan kelembapannya dan lebih rentan terkena infeksi atau iritasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita eksim memiliki pH kulit yang lebih tinggi. Sehingga, tingkat pH yang seharusnya melindungi kulit akhirnya tidak bisa bekerja dengan optimal.

Mandi dengan cuka apel bermanfaat agar pH kulit kembali ke nilai normal, dan eksim pun dapat diatasi.

Cara menggunakan cuka apel untuk mandi ini sangat mudah. Cukup campurkan 200 mili cuka apel ke dalam bak berisi air hangat, kemudian berendamlah selama 15-20 menit, lalu bilas seluruh tubuh kamu dengan air bersih.

Featured Image - Liputan 6