Belakangan ini istilah new normal terus disosialisasikan. Keadaan baru ini diprediksi akan jadi kebiasaan baru umat manusia setelah pandemi Covid-19 yang berdampak sangat luar biasa ini. Buat kamu sendiri, apakah kamu sudah paham apa itu new normal?

Terkait dengan kehidupan baru setelah pandemi – ada prediksi kalau umat manusia akan hidup dengan cara yang terbarukan. Misalnya, banyak orang mementingkan kesehatan dan kebersihan dalam kehidupan sehari-hari, demi mencegah berbagai penyakit, termasuk infeksi virus berbahaya.

 

 

Kepentingan kesehatan dan kebersihan di dalam new normal baru memang mesti disosialisasikan. Hal ini terkait dengan tujuh poin penting di dalamnya. Poin-poin ini tentu menggambarkan bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan itu penting di dalam hidup manusia.

Bahkan, poin-poin tersebut akan dikonversikan menjadi protokol kesehatan yang mesti dipatuhi dan ditaati umat manusia. Penasaran apa saja sih memang poin-poin yang dimaksud? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini ya.

 

Kebersihan Tangan Jadi yang Utama

Seperti yang sudah diketahui bersama, berbagai bakteri sampai virus seperti virus corona dapat menyebarluas dengan mudah karena terjadinya kontak fisik. Kontak fisik yang paling sederhana adalah berjabat tangan.

Oleh karena itu, kebersihan tangan mesti benar-benar dijaga. Bahkan mungkin kedepannya nanti, kita tidak akan bersalaman lagi untuk menghindari hal-hal tersebut. Kemudian, mencuci tangan menggunakan sabun atau minimal membersihkan tangan dengan hand-sanitizer jadi standar untuk memastikan tangan kamu bersih.

 

Tidak Menyentuh Wajah Sembarang

Terkait dengan protokol kesehatan yang pertama, selanjutnya adalah menghindari menyentuh wajah jika belum memastikan tangan sudah bersih atau belum. Area wajah seperti mata, hidung dan mulut bisa jadi pintu gerbang yang mudah ditembus oleh penyakit atau virus yang ada di tangan kamu.

Oleh karena itu, pastikan pertama tangan kamu sudah bersih. Kalaupun memang sudah bersih, usahakan untuk tidak menyentuh wajah jika sedang berada di tempat umum karena kamu akan mudah lupa untuk menyentuh benda lainnya.

 

Tutupi Bersin Dengan Lengan Bagian Dalam

Di waktu new normal nanti – banyak hal yang akan berubah dengan cepat, terutama sektor kesehatan. Hal ini mencakup ke etika ketika kamu bersin. Tidak ditutup dengan telapak tangan bagian dalam saja, tapi kamu mesti menutup wajah mu dengan menggunakan lengan bagian dalam.

Hal ini terkait dengan telapak tangan yang bisa saja sudah banyak menyentuh permukaan benda yang disinyalir tidak semuanya bersih. Oleh karena itu, pastikan kamu terbiasa menutup wajah ketika bersin menggunakan lengan bagian dalam, ya.

 

Menggunakan Masker

Sehat atau sakit, menggunakan masker akan jadi kebiasaan baru di periode new normal nanti. Hal ini terkait dengan anjuran berbagai pihak yang menyatakan penggunaan masker bisa mencegah paparan virus berbahaya seperti Covid-19 ini.

Apalagi jika kamu ingin keluar dari rumah untuk melakukan aktivitas, masker jadi hal yang penting untuk kamu miliki dan kamu gunakan.

 

Menjaga Jarak

Physical distancing pastinya akan jadi hal yang terbawa-bawa sampai ke periode new normal nanti. Kamu tentunya akan mengatur jarak keberadaan kamu dengan orang lain. Hal ini mengacu kepada anjuran berbagai pihak yang menyatakan ada jarak aman untuk bersosialiasi agar tidak terpapar virus berbahaya jika orang-orang tersebut adalah carrier atau pembawa virus.

 

Bisa Isolasi Mandiri

Jika kamu mengetahui tubuh mu punya gejala-gejala mirip dengan infeksi Covid-19 atau memang sedang tidak sehat, kamu bisa mengkarantina dirimu sendiri di dalam rumah. Karantina atau isolasi mandiri ini tentu akan membantu banyak pihak.

 

Jaga Kesehatan, Minum Multivitamin

Tidak hanya memenuhi nutrisi tubuh dengan makanan dan minuman yang bisa menjaga daya tahan tubuh terus optimal, mengonsumsi multivitamin juga akan jadi kebiasaan baru, bahkan protokol kesehatan yang baru untuk dilakukan oleh banyak kalangan.

Bicara soal multivitamin, kamu bisa mengonsumsi Enervon-C yang merupakan multivitamin paling tepat untuk tubuh. Mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks, Enervon-C bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tetap optimal.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari tujuh poin atau protokol kesehatan yang sudah dijelaskan di atas, pastikan kamu mengingatnya dan menerapkannya di masa new normal ini ya!

Feature Image – okezone.com