mengalami pemotongan gaji atau terancam PHK.

Meskipun begitu, terkadang banyak orang yang ragu untuk memulai bisnis sampingan karena adanya masalah modal. Tapi tenang! Berikut ini berbagai macam bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan di rumah dan tanpa memerlukan modal yang besar. Jika ditekuni, bisnis seperti ini bisa menjadi hal yang cukup menjanjikan lho.

 

Credit: blog1.iccadubai.ae

Penasaran apa saja bisnis sampingan tersebut? Langsung aja yuk simak ulasannya.

Bisnis Sampingan: Bidang Kuliner

Ide bisnis sampingan yang satu ini adalah usaha yang paling sering dipilih ketika seseorang ingin menjalani bisnis sampingan. Ya, usaha kuliner memang tak ada matinya. Semua orang tentu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, jadi bisnis sampingan dalam bidang kuliner sudah pasti selalu diminati.

Untuk pemula, bisa mencoba bisnis kuliner berupa makanan berat yang disajikan dalam box atau bowl, minuman, hingga camilan. Variasi kuliner yang ditawarkan bisa memberi banyak peluang usaha yang menguntungan.

Tak perlu membuka warung yang besar, kamu cukup memanfaatkan internet dan media sosial untuk memasarkan produkmu. Lalu, kamu bisa menggunakan sistem pre-order dalam penjualan. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami banyak kerugian.

Bisnis Sampingan: Pakaian

Teknologi yang sudah semakin berkembang membuat bisnis jual beli online semakin digemari banyak orang. Dan salah satu bisnis online yang berkembang pesat adalah bisnis pakaian atau baju.

Ketika kamu ingin mencoba bisnis sampingan ini, selalu tentukan target pasar dan identitas dari brand pakaian yang ingin kamu jual terlebih dahulu ya. Untuk menentukannya, kamu bisa melakukan survey tentang produk apa yang sedang diminati dan sedang booming. Usahakan untuk fokus menjual satu kategori saja agar kamu tidak kebingungan dan pembeli pun dapat menemukan apa yang ia cari dengan mudah.

Credit: onthedot.ie

Bisnis Sampingan: Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu peluang besar untuk mengembangkan karir. Jika kamu memiliki bakat untuk mendesain, kamu bisa lho memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Ada berbagai platform yang bisa kamu gunakan untuk menjual desainmu secara online. Selain itu, kamu juga dapat memajang hasil karya kamu di media sosial, agar orang semakin tertarik menggunakan jasa desain yang kamu tawarkan. Bisnis sampingan seperti ini juga cocok dilakukan di rumah, sembari mengisi waktu luang.

Bisnis Sampingan: Laundry

Saat ini, bisnis laundry sudah semakin menjamur dan banyak yang melakukannya di rumah. Dengan modal mesin cuci dan produk pembersih pakaian, bisnis sampingan ini sudah bisa kamu jalankan!

Dalam menjalani bisnis sampingan ini kamu bisa memberi variasi jasa laundry seperti cuci dan lipat, atau cuci dan setrika. Bahkan, jika memungkinkan kamu bisa menyediakan jasa layanan antar jemput laundry, yang semakin memudahkan pelangganmu. Dan jangan lupa, berikan layanan terbaik agar bisnis kamu dapat dipromosikan dari mulut ke mulut.

Itu dia keempat pilihan bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan di rumah saja, tanpa harus memakan banyak modal! Bagaimana nih, kamu tertarik untuk menjalani bisnis sampingan yang mana?

 

Featured Image - tokyocheapo.com