Pandemi Covid-19 yang belum usai, mengharuskan sebagian besar perusahaan untuk menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home. Hal ini tentu saja untuk menekan angka penularan Covid-19 ya.

Selama bekerja di rumah, kebanyakan pekerja mungkin tidak menyiapkan meja kerja yang memadai di rumah, dengan begitu mereka jadi bekerja di tempat seadanya, atau bahkan melakukan pekerjaannya di kamar tidur. Sebenarnya hal ini sah- sah saja dilakukan, tapi ternyata kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti timbulnya rasa sakit pada leher dan lutut.

Lalu, jika mengalami hal ini bagaimana cara mengatasinya? Tenang! Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan agar leher dan lutut tak lagi nyeri selama work from home.

Tips Atasi Nyeri Pada Leher dan Lutut

Credit: health.harvard.edu

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, SP.KO, memberikan tips atau cara mudah mengatasi nyeri pada leher dan lutut yang bisa saja kamu alami selama work from home.

Cara mengatasi masalah ini hanya dengan melakukan peregangan saja! Peregangan sendiri merupakan kegiatan melakukan gerakan- gerakan yang bertujuan untuk melenturkan atau melemaskan kembali bagian- bagian tubuhmu yang kaku. Dalam kata lain, peregangan dapat membantu menghilangkan rasa kaku pada otot yang bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada bagian tubuh.

Selain itu, gerakan peregangan juga merupakan aktivitas fisik yang masuk dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Kementrian Kesehatan lho!

Credit: self.com

Berikut ini langkah- langkah melakukannya:

Peregangan Untuk Atasi Nyeri Leher

  1. Pertama, posisikan dirimu dalam kondisi duduk di kursi, lalu mulai peregangan dengan mengangkat kepala seperti melihat ke atas, dalam hitungan 5 detik.
  2. Kemudian, tundukkan kepalamu ke bawah dalam hitungan 5 detik juga.
  3. Setelah itu, dorong kepala ke samping kanan dan kiri secara bergantian, masing- masing dalam hitungan 5 detik ya.
  4. Dan terakhir, tarik kepalamu secara perlahan ke kanan dan kiri secara bergantian, dan tahan selama 5 detik setiap sisinya.

Peregangan Untuk Atasi Nyeri Lutut

  1. Posisikan kedua tanganmu bertumpu pada meja.
  2. Lalu, kedua kaki dibuka lebih lebar daripada lebar tangan yang bertumpu pada meja.
  3. Kemudian, sedikit demi sedikit turunkan badan dengan melipat lutut sebelah kanan.
  4. Usahakan badanmu tetap dalam posisi tegak ya.
  5. Naikkan badan ke titik semula.
  6. Lakukan lagi langkah- langkah tersebut, kali ini dengan melipat lutut sebelah kiri ya. sehingga, bisa dirasakan peregangan pada otot- otot bagian dalam dari tungkai kaki.

Untuk hasil yang lebih optimal, kamu dapat melakukan peregangan setiap 1-2 jam sekali setelah bekerja pada posisi yang sama.

Itulah tips melakukan peregangan untuk mengatasi nyeri leher dan lutut selama work from home. Jadi, agar bagian tubuhmu tak mudah pegal atau kaku selama work from home, bisa terapkan tips di atas ya!

 

Featured Image - popsugar.com

Source - kompas.com