Selama pandemi Covid-19, pemerintah  sudah menerapkan berjaga jarak alias physical distancing dan juga bekerja dari rumah. Kebijakan ini tentu saja mengharuskan sebagian besar orang untuk melakukan aktivitasnya di rumah saja. Meskipun dapat menekan angka penyebaran Covid-19, tapi sayangnya hal ini dapat menurunkan ekonomi di Indonesia.

Oleh karena itu, pola hidup normal baru akan segera dilaksanakan. New normal merupakan fase hidup baru di mana masyarakat akan kembali beraktivitas seperti biasa, namun tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker ketika berpergian, menjaga jarak, rutin mencuci tangan, serta menjaga kebersihan.

 

Credit: universalwellnesssource.com

Tak hanya itu, ketika menghadapi new normal masyarakat tentu harus menjaga kesehatan sehingga imunitas tubuh tak menurun. Lalu, cara apa saja yang dapat dilakukan agar imun tubuh tak menurun dan daya tahan tubuh tetap terjaga selama new normal? Berikut ulasannya.

Pola Hidup Sehat

Langkah utama yang perlu dilakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga adalah menerapkan pola hidup sehat. Jika seluruh bagian tubuh dapat melakukan fungsinya dengan baik, tentu saja tubuhmu tidak akan mudah terserang berbagai macam virus, termasuk Covid-19.

Terapkan pola hidup sehat, seperti  perbanyak konsumsi sayur dan buah, konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, rutin berolahraga, minimalkan stres, serta menerapkan langkah- langkah untuk menghindari infeksi, seperti rutin cuci tangan dan masak makanan dengan baik.

Konsumsi Makanan Sehat

Untuk mendapatkan sistem imun yang baik, tentu saja harus dibantu dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, dan juga beta karoten dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif.

Jadi, selalu konsumsi makanan sehat dan utamakan untuk mengonsumsi sayur dan buah- buahan ya.

Credit: indianexpress.com

Kelola Stres

Stres yang berlebihan dapat melemahkan sistem imunitas tubuh. Tekanan yang terus menerus dialami dapat menurunkan zat- zat kimia dalam tubuh, seperti hormon adrenalin dan kortisol, yang pada akhirnya menurunkan dan merusak sistem imun tubuh.

Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi kan? Untuk itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik, misalnya melakukan berbagai aktivitas positif, atau melakukan meditasi maupun yoga yang dapat menenangkan pikiranmu.

Istirahat yang Cukup

Tubuh memerlukan istirahat untuk memulihkan tenaga serta meregenerasi sel- sel tubuh. Jika kamu kurang tidur, maka sistem imun tubuh dapat menurun, dan risiko terserang berbagai macam penyakit serius seperti jantung pun dapat meningkat.

Dikutip dari detik.com, beberapa studi menemukan bahwa orang yang kurang tidur dari lima jam per malam, lebih mungkin menderita berbagai macam penyakit, termasuk flu, dibandingkan dengan orang yang cukup tidur.

Optimalkan Dengan Multivitamin

Cara- cara di atas saja mungkin belum cukup untuk membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh kamu. Agar semakin optimal, kamu bisa lho mengonsumsi multivitamin terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Kombinasi vitamin C dan vitamin B kompleks nya secara efektif dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu, serta membantu proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi tahan lama. Jadi, tak hanya tubuh makin sehat tapi juga tetap berenergi saat beraktivitas.

Tenang, mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari aman kok dilakukan, karena vitamin C dan vitamin B kompleks merupakan vitamin larut air, sehingga sisa zat yang tak dibutuhkan tubuh pasti akan dikeluarkan melalui urin. Jadi, kamu tak perlu khawatir ya! Mengonsumsi multivitamin setiap hari justru dapat menjaga kesehatan lho.

 

 

Featured Image - flanderstoday.eu