Pandemi Covid-19: Jalani Pola Hidup Bersih dan Sehat Untuk Cegah Penularan Virus

Pandemi Covid-19: Jalani Pola Hidup Bersih dan Sehat Untuk Cegah Penularan Virus

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 memang membawa berbagai perubahan dalam hidup setiap individu. Baik dari aktivitas, seperti bekerja – maupun kegiatan belajar mengajar yang lebih sering dilakukan di dalam rumah. Hingga, perubahan pola dan gaya hidup. Dewasa ini, masyarakat sangat memprioritaskan kesehatan dan kebersihan.

Memang, di era pandemi Covid-19 – pola hidup bersih dan sehat tak boleh ditinggalkan. Selain itu, menerapkan protokol kesehatan yang berlaku juga sangat dianjurkan – sehingga, penularan virus corona pun dapat diminimalisir.

Pola hidup bersih dan sehat, dibarengi dengan penerapkan protokol kesehatan secara lengkap – memang menjadi kunci utama dalam menghindari infeksi virus. Bahkan, langkah tersebut mesti terus diterapkan, hingga nanti sudah mendapatkan vaksin.

Mengenai pola hidup bersih dan sehat yang baiknya dijalani selama pandemi Covid-19. Apa saja sih yang meliputi kebiasaan baik tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Pola Hidup Bersih: Bantu Hindari Penularan Virus

Pandemi Covid-19: Jalani Pola Hidup Bersih dan Sehat Untuk Cegah Penularan Virus

Credit Image - blibli.com

Tetap menjaga kebersihan secara keseluruhan bertujuan untuk mencegah risiko infeksi berbagai penyakit, sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Perlu diketahui, pola hidup bersih dan sehat – merupakan kebiasaan baik yang memiliki banyak manfaat baik.

Lalu, apa saja perilaku hidup bersih yang sebaiknya dilakukan? Berikut ini di antaranya.

  • Cuci tangan secara rutin

    Di masa pandemi, mencuci tangan secara rutin – menggunakan air mengalir dan sabun sangat dianjurkan. Apalagi, usai menyentuh benda yang ada di ruang publik. Sebab, bisa saja benda yang disentuh tersebut – telah terkontaminasi virus. Kemudian, tangan menyentuh bagian wajah, dan virus pun masuk ke tubuh. Pastikan kamu sudah melakukan cuci tangan secara tepat, setidaknya selama 20 detik. Namun, jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan – dapat gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

 

  • Membersihkan permukaan benda secara rutin

    Berbagai benda yang sering disentuh – termasuk benda yang sering dibawa bepergian ke luar rumah, seperti handphone, dompet, hingga tas wajib dibersihkan secara rutin. Gunakan cairan disinfektan yang dapat bantu membunuh virus. Saat membersihkan permukaan benda, pakai kain lap atau tisu – kemudian lap dari satu sisi permukaan ke yang lainnya, lakukan dengan gerakan seperti huruf S. Ingat, selalu cuci kain lap setelah pemakaian dan jemur hingga kering.

 

  • Bersih-bersih usai bepergian

    Menerapkan pola hidup bersih dan sehat – juga berkaitan dengan kebersihan diri sendiri. Untuk itu, sepulang dari aktivitas di luar rumah, pastikan sudah bebersih terlebih dahulu – ini bisa dimulai dengan melepas sepatu di luar rumah. Kemudian, buang benda atau sampah bawaan yang tidak perlu, semprot bawang bawaan dengan cairan disinfektan – lalu, segera bersihkan diri dengan mencuci tangan, mandi, dan gunakan pakaian bersih.

 

Imbangi dengan Berbagai Kebiasaan Sehat

Pandemi Covid-19: Jalani Pola Hidup Bersih dan Sehat Untuk Cegah Penularan Virus

Credit Image - jovee.id

Sebenarnya, kebiasaan hidup sehat sudah diimbau sejak lama – tapi, kebiasaan ini baru benar-benar diterapkan sejak pandemi Covid-19. Adapun pola hidup sehat yang sebaiknya dilakukan secara tepat, yaitu sebagai berikut.

  • Perbanyak konsumsi makanan bernutrisi tinggi

    Menerapkan pola hidup bersih dan sehat – juga meliputi pola makan sehat. Pastikan kamu sudah mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Dengan begitu, kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh pun ikut meningkat. Perbanyak asupan buah dan sayur, serta makanan tinggi protein, serat, serta vitamin dan mineral ya.

 

  • Olahraga secara rutin

    Melakukan aktivitas fisik secara rutin – juga menjadi poin penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama selama pandemi. Jadi, disarankan untuk rutin berolahraga. Tak perlu yang terlalu menguras energi – cukup lakukan olahraga dengan intensitas ringan, setidaknya 3-4 kali dalam seminggu.

 

  • Cukupi waktu istirahat

    Memiliki waktu tidur yang cukup – juga merupakan hal penting dalam pola hidup bersih dan sehat, lho. Tidur dapat bantu meregerenasi sel-sel tubuh, termasuk kekebalan – sehingga mampu bekerja lebih optimal. Disarankan, untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap harinya.

 

  • Gunakan masker ketika pergi keluar rumah

    Selama pandemi, memakai masker setiap bepergian ke luar rumah – menjadi langkah pencegahan penularan virus yang sangat efektif. Jadi, gunakan masker ketika pergi ke tempat publik. Masker dapat melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mungkin mengandung virus.

 

  • Terapkan physical distancing

    Terapkan physical distancing – dan tidak melalukan kontak dekat dengan orang lain, sangat dianjurkan. Hal ini dapat menghindari penularan virus di tempat umum. Sebab, berada di keramaian – dapat meningkatkan risiko penyebaran Covid-19.

 

  • Optimalkan dengan konsumsi multivitamin

    Memenuhi kebutuhan vitamin juga penting – untuk dukung pola hidup sehat dan bersih selama pandemi. Selain dari makanan, asupan ini juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

 

Dukung Pola Hidup Bersih dan Sehat: Konsumsi Multivitamin Ini!

Pandemi Covid-19: Jalani Pola Hidup Bersih dan Sehat Untuk Cegah Penularan Virus

Credit Image - investor.id

Untuk mendukung gaya hidup sehat yang dianjurkan selama pandemi Covid-19 – lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Tapi, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Kamu disarankan minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

 

Jadi, sudahkah kamu menerapkan pola hidup bersih dan sehat selama pandemi Covid-19?

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - kompas.com dan jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!