Buat kamu yang masih memiliki waktu banyak di rumah karena jadwal WFH yang berkepanjangan, tenang – aktivitas mu di rumah pun tidak akan membosankan karena mengerjakan rutinitas kantor saja. Tapi kamu bisa lho sembari mendekor perabotan rumah!

Mendekor perabotan rumah, selain menyibukan diri kamu dari tekanan rutinitas kantor yang mesti kamu kerjakan dari rumah dan juga tekanan dari segala berita terkait pandemi Covid-19, kamu bisa nih mendapatkan suasana baru.

 

 

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk hal ini kalau kamu melakukannya dengan teknik DIY. Tinggal kumpulkan bahan-bahan yang ada dan kamu bisa merakit perabotan rumah yang baru. Wah kira-kira kamu bisa merakit apa saja nih?

Di bahasan kali ini – setidaknya ada lima ide untuk merakit sendiri perabotan rumah baru yang bisa kamu coba. Penasaran apa lima ide tersebut? Daripada penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Meja Dari Rangka Alumunium

credit image: my-best.id

Ide pertama yang bisa kamu coba adalah membuat meja dari rangka aluminium. Di sini, bahan-bahan yang bisa kamu kumpulkan seperti batang-batang besi bekas dan plat datar aluminium. Untuk bentuknya sendiri, bisa kamu sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan bahan-bahan yang baru kamu temukan dan kumpulkan. Kedua, karena besi yang mungkin sudah lama tersebut berkarat – kamu bisa mengamplasnya perlahan.

Setelah itu, kamu bisa mulai mencoba sambung-sambungkan rangka besi tersebut hingga membentuk meja. Nah menyambungkannya bisa kamu las, nih. Kamu bisa ke tukang las sebentar untuk meminta tolong menyambungkannya. Setelah beres, kamu bisa cat sesuai keinginan!

 

Kaleng Makanan Jadi Vas Bunga!

credit image: bsd.city

Eits, kaleng makanan yang ingin kamu buang, bisa jadi vas bunga yang cantik, lho. Caranya adalah pertama kamu bersihkan dulu kaleng tersebut dari sisa makanan yang ada. Setelah bersih dan kering, kamu bisa mengelupaskan bungkus merk dari kaleng tersebut.

Jika sudah polos – bisa kamu warnai dengan cat sesuai keinginan lho! Setelah selesai, barulah bisa kamu isi dengan bunga plastik atau bunga sungguhan. Jika menggunakan bunga sungguhan, pastikan vas tersebut bisa menampung air ya!

 

Kaleng Makanan Jadi Tempat Alat Makan

Selain jadi vas bunga yang cantik – kaleng makanan masih bisa kamu otak-atik jadi tempat alat makan yang bermanfaat nih. Bagus lagi jika kaleng makanan tersebut berwarna bening ya. Jadi kesan bersih akan juga terlihat.

Kurang lebih caranya tidak jauh berbeda dari kaleng makanan yang menjadi vas bunga. Bedanya adalah kamu akan memasukan alat makan seperti sendok, garpu dan lainnya.

 

Rak Gantung dari Kayu Bekas

credit image: bukalapak.com

Kalau di gudang dan di taman kamu terdapat beberapa potong kayu yang sudah tidak terpakai, tidak perlu kamu buang atau dijadikan kayu bakar untuk pesta barbecue nih. Bisa kamu kumpulkan, bersihkan dan buat rak kayu gantung yang bisa menyimpan banyak barang di sana!

Siapkan paku, dan palu yang cukup untuk membuat rak kayu gantung ini. Namun, sebelum kamu rakit, kamu bisa membersihkannya dan mencatnya ulang dengan warna yang sesuai kenginan. Setelah beres, barulah kamu rakit untuk jadi rak.

Agar tidak terlalu ramai, kurang lebih kamu bisa buat dua-tiga tingkat saja cukup. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan rak kayu tersebut akan dibuat menaruh banyak barang dan malah jadi berat. Secara estetik tentu jadi kurang bagus juga.

Pajangan yang bisa kamu taruh di rak kayu gantung itu seperti buku, mainan kecil dan foto masa kecil kamu. Pasti estetik nih!

 

Sofa Dari Drum Bekas

Yang satu ini agak effort nih – tapi kalau jadi, pastikan akan bagus! Drum besi bekas bisa kamu sulap jadi sofa taman, lho!

Kamu bisa bersihkan dulu drum bekasnya. Lalu, potong sebagian sisinya. Sisi lainnya biarkan saja karena akan jadi senderan atau pegangan tersendiri nantinya. Jika sudah, kamu bisa cari busa bekas dan bersihkan.

Busa bekas yang sudah dibersihkan, bisa kamu sesuaikan bentuknya dengan drum yang sudah kamu siapkan. Busa ini yang akan jadi dudukan kamu nanti, lho. Jika sudah siap, kamu bisa mempercantik busa tersebut dengan selimut atau cover dengan gambar lucu!

 

 

Nah bagaimana nih? Dari kelima ide DIY perabotan rumah yang sudah disebutkan di atas – apakah sudah ada yang ingin kamu coba? Kira-kira kamu mau coba yang mana dulu nih?

 

Feature Image – idntimes.com