Untuk kalian yang masih menempuh pendidikan di jenjang kuliah, mungkin memiliki kebutuhan yang cukup tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu pasti tak ingin terus menerus bergantung pada orang tua atau pihak lain. Jadi, tak jarang mahasiswa melakukan pekerjaan online.

Selain karena alasan finansial, memiliki pekerjaan sampingan ini bisa mengajarimu bagaimana caranya menghargai waktu dan mengasah kemampuan manage keuanganmu.

Nah, untuk kamu mahasiswa yang tertarik mencari pekerjaan online, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan.

 

Credit: freedomlifestyletoday.com

Cari dari Berbagai Sumber

Sebagai mahasiswa media terbaik untuk mencari pekerjaan sampingan online adalah melalui website kampus. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan atau informasi dari dosen yang kenal baik denganmu.

Agar lebih mudah, kamu juga bisa lho memanfaatkan media sosial atau bahkan mengontak perusahaan tujuanmu melalui email.

Mulai Lebih Awal

Jika kamu memiliki waktu luang saat libur atau sebelum masuk kuliah, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mencari dan apply pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa lebih awal dari teman-temanmu yang juga sedang mencari pekerjaan online.

Resume atau CV

Walaupun kamu hanya apply pekerjaan online, tapi tetap CV adalah hal yang penting lho. Jadi, usahakan agar CV kamu benar- benar menarik dan agar perusahaan tujuanmu mau membacanya.

Dan pastikan semua informasi yang kamu cantumkan dalam CV sudah di update ya. Jangan sampai karena kesalahan kecil kamu jadi kehilangan kesempatan untuk bergabung dalam perusahaan tujuan kamu ya.

Credit: golaunchtech.com

Akun Media Sosial

Usahakan untuk mengatur feed media sosialmu agar bisa menunjukkan sisi positif dan kelebihanmu. Tapi, bukan berarti kamu harus ‘pamer’ ya. Tapi, lebih kepada menghindari untuk posting konten negatif atau yang tidak mencerminkan kepribadian seseorang yang berpendidikan.

Freelance Bisa Jadi Alternatif

Kalau kamu belum yakin dapat mengatur waktu antara kuliah dan bekerja dengan baik, kamu bisa loh mencoba bekerja sebagai freelancer. Pekerjaan ini memberikan waktu yang lebih fleksibel dan kapasitas pekerjaan yang kamu kerjakan bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Saat ini, sudah ada banyak platform online yang menyediakan wadah bagi para pekerja lepas untuk mendapatkan jenis pekerjaan yang sesuai dengan skill, bakat, dan passion masing- masing.

Nah, itulah kelima tips bagaimana cara mendapatkan pekerjaan online bagi mahasiswa. Kira- kira kamu tertarik ngga nih menjalani pekerjaan online ini?

 

Featured Image - valifestyledesign.com