Salah satu yang merasakan dampak yang besar bagi perekonomian banyak kalangan karena pandemi Covid-19 adalah mereka yang berada di sektor UMKM. Banyak dari mereka yang bisnisnya terhambat, mandek, bahkan tidak sedikit yang mundur akibat pandemi berkepanjangan ini.

Bertahan, atau selesai – mungkin hanya dua pilihan besar itu saja yang bisa mereka hadapi. Namun, jika memang kamu bisa teliti dalam melihat celah dan peluang, bertahan adalah pilihan yang cukup bijak karena jika kamu terus berusaha, kamu tentu bisa melewati ini semua.

 

 

Terkait usaha yang bisa kamu lakukan, seperti di bahasan kali ini yang setidaknya akan membahas dan mengulas tiga tips yang cukup cerdik dan bijak untuk UMKM atau bisnis kamu bisa bertahan dari pandemi virus corona yang berkepanjangan ini.

Kira-kira apa saja cara dan tipsnya? Daripada makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Saatnya Kamu Berinovasi di Segala Sektor, Termasuk Produk

Buat kamu para pebisnis, menjalankan usaha ini tentu berdasarkan passion atau keinginan kamu. Tapi jelas kamu juga mesti memerhatikan dan tahu persis sebenarnya apa dan bagaimana kebutuhan di pasarnya.

Seperti yang ada terjadi untuk sekarang ini, karena pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini, banyak orang yang akhirnya sadar kalau kebersihan dan kesehatan adalah hal yang utama. Kamu bisa menyesuaikan produk yang dibuat dengan tren sekarang ini.

Misalnya, kamu adalah pebisnis di clothing brand – selain membuat dan memproduksi fashion apparel – kamu bisa juga membuat masker, face shield dan alat perlindungan lainnya yang terkait dengan pandemi Covid-19 ini.

Mengingat masker, face shield dan alat perlindungan lainnya termasuk ke dalam barang-barang yang mesti kamu gunakan dan bawa jika kamu keluar dari rumah. Barang-barang tersebut adalah bahan-bahan di berbagai poin protokol kesehatan yang mesti kamu taati dan terapkan.

Dari sini – pastinya kamu bisa melihat kebutuhan tersebut, sehingga kamu bisa memainkannya untuk mengkonversikan hal itu jadi pundi-pundi keuntungan.

 

Tingkatkan Kualitas Produk

Setelah kamu paham apa saja dan bagaimana kebutuhan serta tren di pasar – ini saatnya kamu fokus ke berbagai produk yang kamu buat. Untuk bagian ini, ada satu hal yang mesti kamu perhatikan dan terapkan – meningkatkan kualitas produk.

Kamu bisa membawa hal-hal higienis yang sekarang ini menjadi sebuah keharusan terkait dengan protokol kesehatan yang ada. Misalnya, packaging kamu jadi lebih menarik dan aman dari paparan virus corona karena kamu mempunyai standar tersendiri.

 

Jasa Pengiriman yang Valid!

Setelah semuanya siap – jelas konsumen atau orang-orang yang sudah memesan produk kamu tentu tidak ingin lama-lama menunggu pesanannya sampai. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman yang valid dan sudah terbukti aman!

 

 

Banyak sekali kok jasa pengiriman yang oke – tinggal kamu sesuaikan saja dengan segala kondisinya ya! Wah bagaimana nih? Dari penjelasan di atas – apakah kamu siap untuk merombak dan meningkatkan segala kualitas di bisnis kamu?

 

Feature Image – kolomsatu.com