Vitamin merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu kamu penuhi setiap harinya, terutama selama vitamin B kompleks yang berperan untuk membantu metabolisme.

Vitamin memiliki berbagai macam jenis dan manfaat yang berbeda- beda lho. Nah, berikut ini ulasan lengkap mengenai vitamin dan masing- masing manfaatnya.

 

Credit: blog.trulux.com.au

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu mata untuk melihat dalam cahaya yang redup dan membedakan warna benda. Tak hanya itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit, serta membantu imunitas tubuh dalam melawan penyakit.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin A tubuhmu dari makanan seperti hati, wortel, minyak ikan kod, kentang, bayam, telur, dan juga keju.

Vitamin B

Vitamin B memiliki 8 jenis yang dikenal sebagai vitamin B kompleks. Vitamin B ini terdiri dari:

Secara umum, vitamin B kompleks berperan untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi yang diperlukan untuk beraktivitas sehari- hari.

Berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin B adalah nasi merah, susu dan yogurt, biji- bijian seperti kacang dan sereal, daging, hati, telur, ikan, kerang, alpukat, dan pisang.

Credit: aljazeera.com

Vitamin C

Vitamin C atau ascorbic acid merupakan vitamin yang penting untuk menjaga imunitas sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terkena berbagai macam virus dan penyakit, termasuk Covid-19. Selain untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga berperan untuk memproduksi kolagen untuk membantu penyembuhan luka serta menguatkan pembuluh darah.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C kamu dapat mengonsumsi berbagai buah dan sayuran seperti jeruk, stroberi, kiwi, jambu biji, kentang, tomat, brokoli, dan bayam.

Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium agar pertumbuhan tulang, terutama pada anak- anak dapat optimal. Selain itu, vitamin D juga membantu sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

Vitamin D dapat diperoleh dengan rutin berjemur setiap paginya. Atau dari makanan seperti minyak ikan, telur, jamur, dan hati sapi.

Selain Dari Makanan, Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin- Vitamin Tersebut?

Credit: rightasrain.uwmedicine.org

Dari sumber makanan saja mungkin belum dapat memenuhi kebutuhan vitamin- vitamin di atas. Belum lagi, jika salah dalam mengolahnya, bisa saja vitamin yang ada di dalamnya menjadi rusak.

Untuk itu, kamu dapat bantu memenuhi kebutuhannya dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang mengandung Vitamin C 500mg serta Vitamin B kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3 niacin, Vitamin B6, Vitamin B12) dan Kalsium Pantotenat. 

Atau Enervon Active dengan kandungan yang sama hanya saja ada tambahan Zincnya.

Nah, untuk si kecil kamu bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12) Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide dan Panthenol, untuk bantu jaga daya tahan tubuh sekaligus menenuhi kebutuhan nutrisinya!

 

 

Featured Image - fullscript.com