Kecerdasan emosional atau EQ merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan ketika perusahaan akan merekrut karyawan. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional ini dianggap mampu mengenali dan mengerti emosi dirinya sendiri dan orang disekitarnya.

Lalu, apa sih pentingnya memiliki kecerdasan emosional didunia kerja? Dan apa saja elemen penting dari kecerdasan emosional? Berikut ulasannya.

Pentingnya Memiliki Kecerdasan Emosional di Dunia Kerja

Credit: employernews.co.uk

Jika kamu memiliki kecerdasan emosional, besar kemungkinan kamu dapat mengenali bahkan mengontrol emosi ketika sedang merasa stres atau mendengar kabar yang kurang baik.

Untuk kamu yang dirasa belum memiliki kecerdasan emosional, tenang saja! Kemampuan ini bisa dilatih kok.

Nah, berikut ini alasan pentingnya memiliki kecerdasan emosional di dunia kerja:

  • Dapat membuat keputusan dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik.
  • Bisa tetap tenang, termasuk ketika sedang berada di bawah tekanan pekerjaan.
  • Dianggap dapat menyelesaikan konflik lebih baik.
  • Memiliki sifat empati yang lebih besar.
  • Mau mendengar, mengintrospeksi diri, dan menanggapi berbagai kritik yang membangun.

Di dunia kerja, bergaul atau bersosialisasi bukanlah hal mudah. Ini karena lingkungannya yang lebih beragam, jika dibandingkan dengan lingkungan rumahmu. Selain itu, kamu juga belum tentu selalu bisa mengerti masalah yang sedang dialami orang lain.

Jadi, memiliki kecerdasan emosional penting lho untuk membantumu menghadapi berbagai karakter orang yang berbeda- beda di dunia kerja.

Elemen Penting dari Kecerdasan Emosional

Credit: workingmomsagainstguilt.com

1. Kesadaran Diri

Sadar diri merupakan kemampuan untuk mengenai emosi diri sendiri dan dampaknya ketika akan mengambil keputusan. Jika kamu bisa cepat merasakan sesuatu yang salah saat masuk ke dalam ruangan dan bertemu orang asing, hal ini disebut ‘intuisi’. Kemampuan ini berasal dari tingkat kecerdasan emosional yang kamu miliki.

2. Manajemen Diri

Dalam elemen ini, berarti kamu perlu menguasai kemampuan dalam mengontrol emosi, perilaku, dan bagaimana caramu beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, manajemen diri dapat membantumu mengurangi atau menekan rasa marah, kecewa, dan rasa takut sehingga emosi tidak akan mempengaruhimu ketika menyelesaikan suatu masalah. Dan kamu juga dapat membaca keadaan, seperti kapan harus mendengar, bertanya, dan meminta bantuan orang lain.

3. Kesadaran Sosial

Kesadaran sosial bisa membuatmu merasa, mengerti, dan tahu bagaimana cara bereaksi terhadap emosi yang ditunjukkan orang lain. Selain itu, elemen ini juga dapat membantu kamu merasa nyaman saat bersosialisasi, serta membantu membaca emosi dari raut wajah lawan bicaramu.

4. Manajemen Hubungan

Kemampuan ini dapat membuatmu menjadi seorang yang berpengaruh dan tahu bagaimana caranya menjaga hubungan baik dengan rekan kerja. Memiliki manajemen hubungan juga dapat membuatmu lebih bisa mengontrol sebuah konflik, karena kamu dapat lebih tenang dan fokus dalam situasi tertentu.

Memiliki kecerdasan emosional tak hanya berdampak pada kesehatan diri saja, tapi mempengaruhi kesuksesan kamu di dunia kerja lho. Karena, setiap perusahaan pasti memiliki lingkungan yang berbeda.

Nah, untuk kamu yang baru akan masuk di tempat kerja baru, coba usahakan untuk selalu terbuka dengan berbagai hal ya. Dengan begitu, kecerdasan emosionalmu bisa dapat terasah secara maksimal.

 

Featured Image - bluepeapod.com