Email merupakan bagian penting bagi para pekerja masa kini, apalagi sekarang mengecek email sudah bisa lewat smartphone.

Namun, pengguna yang terus menerus mengecek email justru dapat merugikan diri sendiri, mulai dari terganggunya produktivitas dan kesehatan. Bahkan, kamu juga bisa makin stress ketika tetap mengecek email saat weekend atau sedang liburan.

Menurut penelitan, ada saat- saat tertentu yang sebaiknya dihindari untuk membuka email kantor. Kapan saja? Berikut ulasannya.

1. Ketika Baru Sampai di Kantor

Credit: Hipwee

Mengecek email kerja pada pagi hari atau saat baru sampai kantor, justru adalah waktu terburuk untuk melakukannya. Hal ini dianggap dapat merusak dan mengganggu jadwal serta aktivitasmu seharian.

Membuka email di pagi hari membuat kamu malah jadi sibuk ngecek email, membuang- buang waktu dan akhirnya membuat kamu menjadi tidak produktiv.

2. Saat Sedang Malas

Credit: Top Media

Jangan sampai kamu menjadi mendadak sibuk mengecek email ketika sedang malas. Apalagi jika sebenarnya kamu ada tugas mendesak lainnya, dan malah menggunakan waktu tersebut untuk mengurus email. Hal ini jadi alasanmu untuk menunda pekerjaan.

Sebaiknya kamu periksa kembali pekerjaan yang menjadi priotiasmu. Jangan jadikan mengecek email sebagai alasan saat kamu sedang ada pekerjaan yang perlu cepat diselesaikan.

3. Sebelum Tidur

Credit: Hipwee

Membuka email sebelum tidur dapat merugikan kesehatan, membuat pikiran jadi stress, dan tubuh menjadi tidak sehat.

Sibuk mengurusi email sebelum tidur malah membuat pikiranmu menjadi terbangun ketika seharusnya beristirahat. Cahaya yang berasal dari gadget juga dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Dan akibatnya kamu malah jadi resah, tidur pun tidak nyenyak, dan menjadi lelah keesokan paginya.

4. Ketika Bersama Orang Tersayang

Credit: Hipwee

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat di luar kantor adalah obat yang baik untuk rehat dari kesibukan sehari-hari. Mengecek email ketika bersama orang-orang tersayang membuat mereka merasa terabaikan, padahal mereka yang selalu ada di sisimu dalam segala situasi.

Sibuk mengecek email di saat bersama orang tersayang hanya akan membuang- buang waktu saja, dan dapat mengganggu quality time yang seharusnya kamu habiskan dengan mereka.

Featured Image - Tempo.co