permukaan benda dengan cairan disinfektan.

Namun sayangnya, ternyata sebagian orang justru menerapkan cara menjaga kebersihan yang salah dan memiliki risiko.

Studi terbaru yang dipublikasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Amerika Serikat (CDC), menemukan banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menjaga kebersihan. Studi ini dilakukan melalui survei online pada 502 orang dewasa di AS pada Mei lalu.

Apa Saja Kesalahan yang Sering Terjadi?

Credit: nbcnews.com

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang dalam upaya menjaga kebersihan adalah menggunakan pemutih atau disinfektan untuk membersihkan bungkus makanan, menghirup disinfektan, hingga membersihkan badan dengan produk pembersih dan disinfektan rumah tangga.

Cara- cara di atas tentu sangat tidak direkomendasikan oleh CDC maupun WHO.

Dari studi tersebut, CDC mendapati bahwa orang- orang jadi lebih sering membersihkan diri dan rumah selama pandemi Covid-19. Namun, hanya sebagian dari mereka saja yang benar- benar tahu bagaimana cara disinfeksi rumah yang aman. Misalnya, hanya 23 persen dari responden saja yang tahu bahwa melarutkan cairan pemutih harus menggunakan air bersuhu kamar atau sekitar 20-25 derajat celcius.

Selain itu, kesalahan yang sering dilakukan adalah meletakkan cairan pembersih atau disinfektan di sembarang tempat. Hanya 54 persen orang yang tahu bahwa cairan pembersih harus diletakkan di tempat yang sulit dijangkau anak- anak. Pembersih dapat berbahaya bagi anak-anak karena mengandung berbagai bahan kimia dan dapat menyebabkan keracunan apabila tertelan.

Maka dari itu, direkomendasikan agar masyarakat selalu membaca instruksi produk pembersih terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Selain itu, saat membersihkan rumah selalu gunakan sarung tangan dan alat pelindung lainnya, hindari mencampur pembersih karena bahan kimianya dapat beraksi, dan segera buang sarung tangan serta cuci tangan setelah membersihkan rumah, apalagi jika kamu menggunakan cairan disinfektan.

 

Featured Image - aviararealestate.net

Source - cnnindonesia.com