Bagi sebagian orang, bisa bangun pagi setiap hari adalah sebuah hal mustahil. Padahal, bangun pagi bisa membuat kamu lebih bahagia, lho!

Jika kamu termasuk orang yang susah bangun pagi, berikut sejumlah tips rutin bangun pagi yang kamu ikuti.

1. Cari alasan kuat untuk bangun pagi

Credit: Hipwee

Coba pikirkan, apa alasan kamu untuk bangun lebih pagi. Bisa jadi karena pekerjaan baru yang mengharuskan kamu bangun lebih pagi, ingin mulai berolahraga pagi sebelum berangkat kerja, atau mungkin ingin memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai di pagi hari sebelum mulai beraktivitas.

Tanpa disadari, dengan adanya alasan- alasan tersebut kamu bisa lebih efektif untuk bangun pagi.

2. Mulai pelan-pelan

Credit: Hipwee

Aktivitas yang sudah jadi kebiasaan tidak bisa diubah semudah membalikkan telapak tangan, termasuk ketika kamu terbiasa bangun siang dan tiba- tiba ingin rutin bangun pagi. Sebaiknya hindari melakukan perubahan dratis dan mulailah secara perlahan. Cobalah bangun 15-20 menit lebih awal dari jadwal biasanya, selama seminggu.

Jika hal ini berhasil membuat kamu bangun lebih pagi, selanjutnya coba bangun 1 jam lebih awal untuk seminggu berikutnya. Dan lakukan cara ini secara bertahap sampai kamu mencapai waktu tujuan, misalnya bangun pukul 5 pagi.

3. Tidur lebih awal

Credit: Hipwee

Jika ingin bangun lebih pagi, sebaiknya kamu menghindari begadang, dan cobalah tidur lebih awal dari biasanya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan jam tidur yang cukup.

Apabila hari ini kamu tidak begitu lelah dan merasa sulit untuk tidur, kamu bisa membaca beberapa halaman buku, atau bisa juga mendengarkan musik klasik pengantar tidur. Alunan musik yang menenangkan ini bisa membuatmu tidur lebih cepat, dan bisa bangun lebih pagi esok harinya.

4. Letakkan alarm jauh dari tempat tidur

Credit: Vemine.com

Jika kamu ingin membiasakan bangun pagi, sebaiknya letakkan alarm jauh dari tempat tidurmu. Ketika alarm menyala, jadi mau tidak mau kamu harus beranjak bangun untuk mematikannya.

5. Buat suasana kamar nyaman

Credit: Hipwee

Kamar yang nyaman memungkinkan kamu tidur lebih nyenyak dan bangun tidur dengan semangat. Jika kamu sering gagal untuk bangun pagi, coba cek lagi suasana kamarmu.

Tanpa disadari hal seperti warna dinding yang terlalu mencolok atau suhu kamarmu tidak ideal dapat membuat kamu susah tidur. Maka pastikan kamarmu ditata rapih, agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik dan dapat bangun pagi setiap hari.

6. Hindari makan sebelum tidur

Credit: IDN Times

Untuk bisa bangun lebih pagi, hindari makan berat sebelum tidur. Supaya kamu bisa cepat tidur dan tidur lebih nyenyak, hindari makanan yang mengandung stimulan seperti kafein.

Alih-alih jadi cepat ngantuk, kefein justru membuat kamu terjaga dan malah membuat kamu susah bangun pagi karena malamnya tidak bisa tidur. Selain itu, hindari juga makanan berlemak dan pedas.

Kedua jenis makanan ini bisa membuat asam lambung naik selama tidur sehingga membuat perut terasa mulas semalaman dan hal ini tentu akan menganggu tidurmu.

Featured Image - Lifestyle Kompas