Saat ini sejumlah daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta sedang memasuki masa PSBB transisi dan protokol kesehatan.

Selama masa new normal ini, masyarakat semakin gencar menjaga kesehatan, salah satunya dengan rutin berolahraga. Bersepedia atau gowes adalah aktivitas fisik yang jadi pilihan banyak orang.

Lalu, mengapa aktivitas fisik ini justru makin digemari di tengah pandemi? Dan bagaimana tips aman bersepeda di era new normal? Berikut ulasan lengkapnya.

Alasan Olahraga Sepeda Makin Digemari

Credit: polygonbikes.com

Tak bisa dipungkiri, berdiam saja di rumah selama berbulan- bulan bisa bikin berat badan jadi melonjak. Bagaimana tidak?

Selama di rumah kita jadi kurang bergerak, lebih sering rebahan, apalagi akses ke sofa dan tempat tidur juga dekat. Apalagi, kita seringkali tergoda dengan berbagai jajanan- jajanan manis maupun menyoba berbagai resep masakan baru.

Nah, dengan bersepeda selama pandemi, kita bisa memanfaatkan waktu dengan berolahraga sekaligus pergi ke tempat tujuan dengan membakar kalori. Selain itu, dengan bersepeda kita tetap dapat menerapkan physical distancing.

Tips Aman Bersepeda Selama New Normal

Credit: mediaindonesia.com

Untuk kamu yang ingin bersepeda selama new normal ini, berikut tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Pastikan kondisi sepedamu dalam keadaan baik dan kondisi badanmu sedang fit.
  2. Gunakan masker dan sarung tangan. Selain itu, selalu bawa masker cadangan untuk mengganti masker yang basah karena keringat.
  3. Gunakan pakaian yang aman dan nyaman. Setelah sampai tujuan, semprot pakaian yang kamu gunakan dengan disinfektan, lalu tukar dengan pakaian ganti yang kamu bawa. Dan saat sampai rumah, langsung masukkan ke mesin cuci atau ember cucian kotor.
  4. Jika tujuanmu hanya untuk olahraga saja, tidak kemana- mana lagi. Tetap gunakan pakaian nyaman, kalau memungkinkan pakai lengan panjang. Dan setelah sampai rumah, langsung bersih- bersih diri.
  5. Selalu gunakan helm sepeda. Akan lebih baik jika kamu menggunakan kacamata agar tidak terkena debu atau droplets dari orang- orang yang ada di sekitarmu.
  6. Pilih rute yang tidak terlalu ramai atau yang menyediakan jalur sepeda.
  7. Jika di tengah perjalanan kamu merasa lelah, usahakan untuk berhenti sejenak di tempat yang sejuk. Dan hindari beristirahat di tempat yang ramai.
  8. Setelah naik sepeda, semprotkan sepedamu dengan segera mandi sebelum kembali berinteraksi dengan orang rumah.

Agar aktivitas bersepedamu semakin optimal, imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti perbanyak mengonsumsiEnervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 gram, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niasinamide, Kalsium Pantotenat. Yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu, serta mengoptimalkan  proses metabolisme, untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - klikdokter.com