Saat ini, sebagian daerah di Indonesia sedang menjalani fase new normal. Dimana sebagian besar sektor usaha sudah boleh kembali beroperasi, termasuk industri pariwisata.

Salah satu sektor pariwisata yang sudah diperbolehkan untuk melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal adalah wisata di Jawa Barat. Dengan dibukanya kembali industri pariwisata, tetap harus mematuhi ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Namun, sektor pariwisata Jabar yang berada di zona biru pandemi Covid-19 hanya diperbolehkan menerima tamu dari warga lokal saja.

"Sementara pariwisata Jawa Barat direkomendasikan belum dibuka dulu untuk orang-orang atau warga dari luar Jawa Barat. Mohon menahan diri dulu, kita sedang fokus membuka ekonomi dan pariwisata ini kepada warga Jawa Barat dulu," Ungkap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, dikutip dari CNN Indonesia.

 

Credit: antarafoto.com

Saat ini, total 17 daerah yang diizinkan untuk menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal, yaitu Kabupaten Bandung, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sumedang, dan Tasikmalaya, Kota Banjar, Cimahi, Cirebon, Sukabumi, dan Tasikmalaya.

Sejumlah destinasi wisata yang ada di daerah- daerah tersebut, pihak pengelolanya sudah menerapkan cuci tangan sebelum memasuki area wisata.

Selain itu, aturan pembatasan pengunjung sudah mulai berlaku. Seperti The Lodge Maribaya, sudah mengambil kebijakan 30 persen dari total kapasitas pengunjung yang boleh beriwisata.  Begitu pula Farm House, yang membatasi jumlah wisatawan dan sementara hanya boleh dikunjungi oleh warga Jabar saja.

Bahkan, destinasi- destinasi wisata tersebut juga sudah berinovasi. Salah satunya dengan menjual tiket via online. Untuk menghindari kerumuran dan adanya kontak fisik antar individu.

Credit: megapolitan.kompas.com

Selain mengeluarkan berbagai kebijakan menjalani protokol kesehatan, pihak Kabupaten Bandung Barat juga mengeluarkan sanksi bagi destinasi wisata yang melanggar aturan. Dan peninjauan secara berkala akan dilakukan, untuk memastkan semua destinasi wisata di Jabar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Langkah- langkah tersebut diambil agar seluruh pengunjung dapat berwisata dengan aman dan nyaman, serta tetap terhindar dari penularan Covid-19.

 

Featured Image - ayopurwakarta.com

Source - cnnindonesia.com