Buat kamu yang sudah punya rencana protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Kedua, setidaknya ada 3 Taman Nasional di Jawa Barat yang masih ditutup untuk kunjungan.

***

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sebelumnya sudah mengumumkan setidaknya ada 15 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang mulai menerapkan new normal pada 1 Juni 2020 lalu. Menurutnya, 15 kawasan ini adalah zona biru yang artinya bisa menerapkan new normal sesuai dengan kajian yang ada.

Di Jawa Barat sendiri, selain istilah new normal – mereka juga menggunakan istilah lain untuk menyikapi hal-hal baru ini. Isitlah lainnya adalah AKB. AKB sendiri adalah kepanjangan dari Adaptasi Kebiasaan Baru.

Nah terkait dengan 15 Kabupaten atau Kota yang sudah dinyatakan sebagai zona biru, Ridwan Kamil juga menyatakan kalau aktivitas pariwisata yang baru diperbolehkan hanyalah khusus untuk turis perseorangan. Untuk wisata keluarga yang tersebar di berbagai daerah, belum diperbolehkan.

Terkait dengan kawasan pariwisata, di Jawa Barat sendiri memiliki tiga kawasan pariwisata yang terkenal. Tiga kawasan itu adalah statusnya Taman Nasional. Namun untuk taman nasional ini, ada persetujuan kalau kawasan pariwisata ini juga belum dibuka.

Kira-kira, di mana saja 3 kawasan Taman Nasional tersebut? Daripada penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

3 Taman Nasional yang masih ditutup adalah:

 

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

credit image: kompas.com

 

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

credit image: wikipedia.org

 

Taman Nasional Gunung Ciremai

credit image: cnnindonesia.com

Ketiga Taman Nasional itu masih ditutup. Hal ini juga dinyatakan oleh Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Nandang Prihadi kalau promosi kunjungan wisata alam di taman nasional Jawa Barat belum dibuka.

Jika sudah dibuka, ada beberapa aturan-aturan baru yang mesti ditaati oleh pihak pengunjung dan para pengelola. Hal ini terkait dengan beberapa pernyataan yang diterbitkan oleh KLHK seperti:

 

  • Melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19.
  • Memastikan kunjungan tidak jadi kluster baru penyebaran Covid-19.
  • Menerapkan protokol kesehatan.
  • Menerapkan protokol kunjungan yang lebih kompleks.

 

 

Nah dari berbagai informasi di atas – buat kamu yang sudah ada rencana untuk traveling ke 3 Taman Nasional di atas – sepertinya kamu mesti mengalihkan perjalanan mu ke destinasi lain. Atau kamu bisa ubah rencana untuk mengunjungi spot petualangan lainnya!

 

Feature Image – kumparan.com