Di dunia kerja, membangun jaringan atau networking merupakan hal yang penting. Networking merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada kesuksesan karir seseorang.

Namun sepertinya, nggak semua orang memiliki kemampuan untuk menjalin relasi yang sama. Ada orang merasa sulit membangun networking karena grogi dan canggung saat harus melakukan interaksi dengan orang lain. Tapi, ada pula yang justru senang berkenalan dengan banyak orang baru.

Kalau kamu ingin karir meningkat, tentu saja hal ini harus dilawan. Apalagi networking memiliki peran penting dalam setiap tahapan perkembangan karir. Benarkah hal tersebut? Daripada bingung, mending langsung aja yuk baca mengenai 3 fakta networking di dunia kerja.

 

Credit: woop.id

Untuk Kamu yang Masih Cari Kerja, Networking Dapat Membantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan

Kamu mungkin nggak pernah ngebayangin, kalau orang yang kamu temui di job fair bisa saja jadi teman bekerjamu di masa yang akan mendatang. Nah, networking ini penting dilakukan sejak kamu masih jadi pelamar kerja.

Hal ini dapat memperbesar peluangmu mendapatkan pekerjaan, karena kamu bisa saling berbagi informasi dan menyemangati satu sama lain sejak berada di titik nol hingga sukses nanti.

Nggak semua orang dapat menjalani fase seperti ini, lho. Jadi, kalau kamu bisa mulai membangun networking sejak awal mencari kerja, good job!

Saat Bekerja, Networking Dapat Membantumu Untuk Menggapai Prestasi

Dunia kerja memang khas dengan ketatnya persaingan yang ada. Selain harus memiliki pencapaian di atas target, karir yang sukses juga sangat dipengaruhi oleh networking. Tidak hanya dalam bentuk rekomendasi saja, melalui networking juga membuatmu memiliki mentor yang membantu career development.

Mulai dari membantumu mempelajari ilmu pengetahuan, pembersian saran, dan lain sebagainya. Semua hal ini bisa diperoleh dari bertemu dan menjalin networking dengan orang yang tepat.

Credit: smart-money.co

Ketika Sudah Settle, Networking Dapat Menjadi Investasi Berharga

Ketika kamu sudah sukses dalam karir, networking juga berperan dalam kesuksesanmu lho. Karena networking yang sudah dibangun merupakan investasi dan tidak akan hilang oleh waktu. Dari networking tersebut kamu bisa memiliki banyak teman yang berkualitas, membuka peluang baru, berbagi sudut pandang masing- masing, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia ketiga fakta dari networking di dunia kerja. Dari berbagai ketiga fakta tersebut, sudah pasti ya networking dapat membantu meningkatkan karir kamu. Jadi, coba yuk mulai belajar networking dengan lebih baik demi masa depan karirmu.

 

Featured Image - magazine.job-like.com