Salah satu waktu penting dalam proses tes kerja adalah wawancara. Hal ini penting karena wawancara merupakan waktu bagi kamu untuk mengungkapkan kelebihan yang kamu miliki. Selain itu, orang yang melakukan wawancara juga akan menilai seberapa pantas kamu untuk menduduki posisi yang sedang ditawarkan.

Dalam proses wawancara ini, kamu harus berhati- hati dan jangan sampai menunjukkan sikap yang tidak baik. Selain itu, ada 3 bahasa tubuh yang harus kamu hindari selama wawancara kerja.

Apa saja 3 bahasa tubuh tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Menjabat Tangan dengan Lesu

Credit: Tribun News

Saat melakukan tes wawancara kerja, sebaiknya hindari menjabat tangan pewawancara dengan lesu. Sambil memperkenalkan diri, jabatlah tangan pewawancara dengan tegas. Artinya, tidak terlalu lemah, tapi juga tidak terlalu kencang.

Hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu berantusias untuk menerima tawaran kerja tersebut. Jabat tangan yang tegas juga menunjukkan bahwa kamu memiliki sikap yang dapat diandalkan.

2. Menatap dengan Pandangan Kosong

Credit: Hipwee

Ketika kamu melakukan tes wawancara kerja, sebaiknya tatap dengan seksama pewawancara yang ada dihadapanmu. Tatap mata pewancara dengan pandangan lurus dan tegas. Sebaiknya, berikanlah tatapan yang sealami mungkin, namun mampu memancarkan antusiasme kamu terhadap posisi yang sedang ditawarkan.

Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri, sedangkan tatapan yang kosong justru akan memberikan kesan bahwa kamu merupakan orang yang tidak dapat diandalkan. Selain itu, tatapan yang kosong juga menandakan bahwa kamu mudah melamun, dan tidak mudah fokus.

3. Hindari Terlalu Sering Mengangguk

Credit: Hipwee

Menganggukkan kepala memang respon yang baik dan tepat saat melakukan wawancara kerja. Namun, terlalu sering menganggukkan kepala justru tidak baik. Hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak menyimak dengan baik apa yang sedang dibahas oleh pewawancara. Kamu hanya cukup menganggukkan kepala sewajarnya saja, dan jangan terlalu sering.

Selain itu, pahami konteks pembicaraan pewawancara sebaik mungkin. Agar kamu tidak terlihat bingung saat pewawancara memberikan pertanyaan.

Nah, demikian 3 bahasa tubuh yang harus kamu hindari saat melakukan wawancara kerja. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

Featured Image - Tribun News