Menggunakan masker adalah aktivitas di fase new normal ini. Bahkan, di beberapa daerah – menerapkan aturan khusus mengenai penggunaan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam pengunaan masker – tidak hanya kamu saja lho yang dewasa yang direkomendasikan dan diharuskan untuk menggunakan masker, tapi juga untuk si kecil. Namun masalahnya, si kecil tentu tidak terbiasa untuk menggunakan masker.

 

 

Ada kemungkinan adaptasi mereka untuk menggunakan masker memerlukan waktu yang cukup lama. Menggunakan masker untuk si kecil tentu membuat mereka susah untuk bernapas. Ini beresiko si kecil kekurangan oksigen, lho.

Lalu, bagaimana cara kamu melindungi mereka dari paparan virus corona?

 

Berikut Rekomendasi Cara Melindungi Anak Dari Infeksi Covid-19

Untuk sementara ini, walau sudah masuk ke dalam fase new normal – sebisa mungkin tidak perlu membawa si kecil untuk keluar rumah kalau tidak ada hal yang sangat mendesak. Kalaupun si kecil mesti ikut kamu keluar rumah, mesti diajarkan berbagai protokol kesehatan yang sederhana.

Misalnya, sering cuci tangan dengan sabun untuk memastikan tangan selalu bersih. Kedua, jika sudah selesai dari luar, usahakan ganti semua pakaian kecil dan dicuci sampai bersih. Jika memang tidak memungkinkan untuk menggunakan masker, kamu bisa ajarkan si kecil gunakan face shield.

Oh iya, salah satu protokol kesehatan yang bisa kamu ajarkan dengan baik ke si kecil adalah tentang jaga jarak. Pastikan si kecil mengerti untuk tidak terlalu dekat dengan yang lain terkait dengan konsep jaga jarak untuk pencegahan virus corona.

 

Tetap Jelaskan Manfaat Menggunakan Masker

Memang sih, mau tidak mau – menggunakan masker adalah salah satu protokol kesehatan yang mesti diterapkan jika kamu dan si kecil pergi keluar rumah. Jika si kecil tidak mau, kamu bisa jelaskan pelan-pelan apa manfaat menggunakan masker di kondisi seperti ini.

Memang tidak nyaman untuk mereka, namun mereka mesti menggunakannya karena itu sebuah keharusan.

Siasat lainnya adalah memberikan mereka masker dengan motif kartun atau superhero kesukaan mereka. Biasanya, dengan menawarkan apa yang mereka suka – si kecil akhirnya bisa berdamai untuk menggunakan masker.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai rekomendasi cara di atas untuk menggunakan masker buat si kecil, apakah kamu sudah paham? Jika iya, jangan sampai lupa untuk menerapkannya, agar kamu dan keluarga termasuk si kecil terhindar dari paparan virus corona.

 

Feature Image – kumparan.com