di fase new normal yang sedang berlangsung saat ini, masker merupakan hal penting yang wajib digunakan ketika keluar rumah untuk beraktivitas. Masker digunakan untuk membantu mengurangi risiko  penularan virus saat kamu berada di tempat umum.

Masker kain maupun medis harus digunakan dengan benar, agar perlindungan terhadap virus semakin optimal. Namun sayangnya, masih banyak sekali yang menggunakan masker dengan cara yang kurang tepat, hingga sering melakukan kesalahan selama pemakaian masker.

Kesalahan- kesalahan tersebut mungkin terlihat sepele, tapi justru dapat berbahaya bagi kesehatanmu. Dilansir dari Popmama, berikut ini 5 kesalahan yang masih sering dilakukan saat menggunakan masker selama pandemi.

Credit: eatthis.com

Terlalu Sering Menyentuh dan Membuka Masker

Tujuan utama menggunakan masker adalah untuk melindungi bagian wajah, terutama hidung dan mulut dari virus yang mungkin menempel ke wajah. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan masker.

Selama digunakan, masih banyak yang sering menyentuh atau membuka masker. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan. Karena, saat masker dibuka atau ditutup, kemungkinan tanganmu akan menyentuh wajah, di mana virus bisa lebih mudah masuk melalui mata, hidung, dan mulut.

Menyentuh Bagian Dalam Masker Sebelum Cuci Tangan

Kamu mungkin tidak sadar saat membuka masker dan menyentuh bagian dalamnya, namun tidak cuci tangan terlebih dahulu. Terutama ketika sedang berada di tempat umum, kemungkinan tangan sudah menyentuh berbagai benda yang ada.

Jadi, pastikan kamu sudah cuci tangan dahulu sebelum membuka dan melepas masker. Hindari menyentuh bagian dalamnya dan simpan di tempat yang bersih, sehingga masker tetap higienis.

Ketika sedang beraktivitas, disarankan membawa 2 masker untuk pergi dan pulang. Sehingga, kebersihannya dapat terjamin. Bahkan, WHO menyarankan untuk membawa lebih dari 2 masker, karena kamu perlu menggantinya setiap 4 jam sekali.

Tidak Mencuci Masker Kain

Mungkin kamu pernah merasa hanya pergi keluar sebentar, sehingga menganggap masker belum kotor. Hal ini tentu salah ya. Saat kamu keluar, kemungkinan besar virus dan bakteri sudah menempel pada maskermu.

Usahakan untuk segera cuci masker kain setelah kamu pergi keluar rumah, entah itu pergi hanya sebentar atau seharian.

Credit: popsugar.com

Mencuci Masker Bersama Pakaian

Masker kain memiliki cara perawatan yang berbeda dari pakaian. Masker kain perlu direbus atau direndam dengan air panas terlebih dahulu, agar kuman dan virus yang menempel benar- benar mati.

Setelah itu, barulah masker kain dapat dicuci dengan cara menguceknya secara lembut. Jika masker kain dikucek terlalu keras, maka dapat mengoyak bahan dan mengurangi kerapatan bahan, sehingga virus bisa saja masuk ke sela- sela kain.

Mencuci masker bersamaan dengan pakaian dapat mengurangi kemungkinan virus terbunuh. Karena, Covid-19 masih bisa menempel pada pakaian meskipun sudah dicuci.

Ditaruh Sembarangan

Masker kain yang bersih harus ditaruh di tempat yang bersih juga. Jauhkan dari benda- benda kotor atau permukaan yang sering disentuh banyak orang. Setelah mencuci masker kain, segera lipat dan simpan di tempat bersih.

Begitu pula ketika menaruh masker di mobil atau kantor, selalu tempatkan di area yang aman. Kamu bisa membawa wadah atau kantung khusus untuk menempatkan masker yang masih bersih.

Setelah mengetahui berbagai kesalahan saat menggunakan masker kain, coba perhatikan kembali dan hindari melakukan kesalahan tersebut ya. Hal ini dilakukan agar kesehatanmu selalu terjaga.

 

Featured Image - eatthis.com

Source - popmama.com