protokol kesehatan jadi hal yang mesti ditaati dan diterapkan jika kamu melakukan aktivitas luar ruangan lagi. Seperti kembali lagi pergi ke kantor, membuka toko fisik dan lainnya – kamu mesti tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

Hal ini terkait dengan kenyataan kalau sebenarnya pandemi virus corona memang belum berakhir. new normal adalah fase di mana supaya perekonomian kembali lagi berputar dan banyak orang bisa kembali mencukupi kebutuhannya sehari-hari.

Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau fase new normal ini bisa dihadapi dengan baik selama kamu menerapkan berbagai poin dari protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, tetap menjaga jarak atau physical distancing dan yang jelas memastikan tangan kamu selalu bersih.

 

 

Itu kenapa di fase new normal ini banyak hal yang berubah. Misalnya, saat kamu kembali ke kantor, ada kewajiban untuk mencuci tangan terlebih dahulu; lalu ketika kamu mencoba lagi dine in di restoran favorit, tentu kamu mesti menjaga jarak dengan pengunjung lain dan memastikan tangan kamu bersih dengan menggunakan hand sanitizer.

Perubahan ini mesti kamu hadapi dan terima. Tentu kita semua bisa beradaptasi dengan hal ini. Terkait dengan perubahan dan adaptasi – hand sanitizer adalah barang yang kini tidak boleh absen dari barang bawaan kamu, ke manapun kamu pergi.

Mungkin jika ada fasilitas mencuci tangan dengan air dan sabun, kamu bisa membersihkan tangan di sana. Namun tidak semua tempat memfasilitasi diri kamu dengan hal tersebut. Oleh karena itu, untuk memastikan tangan kamu selalu bersih, kamu perlu hand sanitizer.

 

Hand Sanitizer di Poin Protokol Kesehatan

credit image: detik.com

Hand sanitizer atau cairan pembersih tangan biasanya mengandung alkohol yang sekarang jadi barang yang mesti kamu bawa terus ke manapun kamu pergi. Cairan pembersih tangan mengandung alkohol ini bisa bantu kamu untuk membersihkan tangan ketika jauh dari air dan sabun.

Penggunaan hand sanitizer jadi salah satu pilihan yang tepat dan direkomendasikan dari para ahli untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. Tapi apakah selama ini kamu tahu kalau kamu sudah mengetahui secara komprehensif bagaimana menggunakan hand sanitizer yang benar?

Sederhananya, mungkin kita selama ini hanya mengoleskan hand sanitizer ke telapak tangan, lalu menggosokannya ke berbagai bagian di tangan kita. Apakah hanya itu saja cara menggunakannya? CDC atau Pencegahan Penyakit Amerika Serikat merekomendasikan panduan khusus untuk menggunakan hand sanitizer.

 

Rekomendasi CDC: Panduan Pakai Hand Sanitizer

credit image: cnnindonesia.com

 

  • Menggosokan cairan hand sanitizer di tangan setidaknya selama 30 detik
  • Gosokan dengan kedua tangan, sampai ke sela-sela jari
  • Jangan sampai ada bagian telapak tangan yang kering
  • Pastikan kuku dari jari tangan terkena hand sanitizer

 

Terlepas dari beberapa langkah sederhana rekomendasi dari CDC – perlu kamu ketahui kalau hand sanitizer tidak sepenuhnya bisa menghilangkan berbagai mikroorganisme. Usapan atau gosokan cairan tersebut mau bagaimana pun tidak seefektif kamu mencuci tangan.

Namun, untuk beberapa kondisi seperti kamu yang jauh dari fasilitas mencuci tangan, untuk sementara hand sanitizer bisa kamu gunakan dan andalkan. Jika kamu masih bisa bertemu dengan fasilitas cuci tangan, lebih baik kamu cuci tangan kamu dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari penjelasan di atas soal penggunaan hand sanitizer, apakah kamu sudah cukup jelas? Kalau iya, bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari agar kamu terhindar dari paparan virus yang berbahaya ya.

 

Feature Image – thejakartapost.com