Seperti yang diketahui bersama kalau usia adalah salah satu faktor terkait resiko terkena paparan virus corona. Namun ada yang baru dari perkembangan di pandemi ini, kalau CDC menyatakan usia tidak menjadi faktor resiko lagi, tua atau muda, semua bisa kena.

Beberapa waktu lalu, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat atau CDC, menghapus batas usia faktor resiko terkait virus corona. Gantinya adalah beberapa kondisi penyakit bawaan atau penyakit penyerta yang rentan mengalami kondisi serius.

 

 

Dilansir dari situs detik.com dan Fox News, CDC menghapus batas usia resiko saat terpapar virus corona yang tadinya, ditulis pada rentang usia 65 tahun. Sekarang ini, CDC mengatakan resiko yang besar justru terdapat pada individu yang punya penyakit penyerta yang serius.

Pertanyaannya adalah penyakit penyerta dan kondisi seperti apa yang menjadi potensi besar untuk resiko terpapar virus corona? Di bahasan kali ini – akan mengulas setidaknya beberapa kondisi khusus serta penyakit penyerta yang bisa membuat virus corona mudah menginfeksi.

 

Beberapa Kondisi Terkait Dihapusnya Usia

Pada Resiko Terpapar Virus Corona

credit image: tempo.co

Setidaknya ada tujuh kondisi termasuk penyakit penyerta atau penyakit bawaan yang membuat virus corona bisa dengan mudah menginfeksi individu tersebut. Sebut saja seperti:

 

  • Penyakit ginjal yang sudah kronis
  • COPD atau penyakit paru-paru obstruktif yang sudah kronis
  • Obesitas pada tingkatan BMI 30 atau bahkan lebih
  • Sistem kekebalan yang melemah dari transplantasi organ padat
  • Kondisi jantung yang tidak maksimal, seperti gagal jantung, penyakit arteri coroner atau kardiomiopati
  • Penyakit sel sabut atau anemia sel sabit
  • Diabetes tipe 2

 

Terlepas dari kondisi khusus dan penyakit penyerta yang sudah disebutkan di atas – masih dari CDC, mereka menyatakan kalau setidaknya ada 60% orang Amerika yang punya salah satu dari kondisi atau penyakit penyerta tersebut.

 

 

Oleh karena itu, peluang untuk terpapar di sana masih ada sehingga aktivitas di luar masih membawa resiko besar untuk tertular virus corona. Lalu bagaimana untuk memperkecil resiko tersebut?

CDC dalam halaman resminya menyatakan kalau setiap orang mesti melakukan strategi pencegahan. Seperti menerapkan protokol kesehatan, fokus untuk saling menjaga jarak, serta membersihkan permukaan benda yang biasa disentuh oleh banyak orang.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari penjelasan di atas – setidaknya ini bisa menjadi acuan kamu untuk selalu mempunyai daya tahan tubuh yang baik. Oleh karena itu, salah satu cara yang direkomendasikan buat kamu adalah mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang bisa bantu kamu punya daya tahan tubuh yang optimal sehingga tidak mudah sakit.

 

Feature Image – merdeka.com