Merawat dan mengasuh anak bukanlah tugas yang mudah, apalagi jika si kecil seringkali membuat ulah. Perilaku buruk pada anak tersebut memang perlu diluruskan, namun tidak selalu ditangani dengan hukuman atau dimarahi. Pada beberapa kasus, si kecil mungkin bisa dihadapi hanya dengan nasihat saja.

Selain itu, untuk menghadapi kenakalan si kecil, kamu perlu mengetahui serta memahami penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah kamu dalam mengatasi sikap anak yang buruk.

Berikut beberapa hal yang mungkin mendorok anak berperilaku buruk, yaitu seperti:

1. Rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi

Credit: Hipwee

Anak- anak yang baru mengenal sesuatu perlu mempelajari berbagai hal di sekitarnya. Hal ini membangun rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi pada diri anak. Terlebih lagi, mereka belum bisa sepenuhnya memahami konsep benar atau salah dan belum bisa berpikir panjang dalam melakukan sesuatu tindakan.

2. Belum bisa berkomunikasi dengan baik

Credit: Antara News

Kemampuan anak yang belum mumpuni dalam berkomunikasi juga bisa jadi penyebab anak melakukan perilaku buruk. Padahal komunikasi sangat diperlukan bagi anak untuk menyampaikan pendapat atau keinginannya.

Saat orang lain tidak mengerti apa yang mereka inginkan, anak berperilaku buruk, seperti menangis kencang, berteriak, memukul, atau menggigit.

3. Mencari perhatian

Credit: Tribun News

Anak- anak senang jika diperhatikan, baik oleh orangtua maupun teman- temannya. Keinginan untuk diperhatikan inilah yang dapat mendorong anak untuk berperilaku kurang baik. Kasus ini biasanya cenderung terjadi pada anak yang diabaikan orangtua karena perceraian, sibuk bekerja, atau dijauhi oleh teman-temannya.

4. Memiliki masalah medis

Credit: Hipwee

Anak yang memiliki masalah atau gangguan medis lebih mudah mengalami frustasi karena mereka memiliki kesulitan dalam belajar. Kesulitan tersebut membuat mereka memberontak dengan cara yang buruk, seperti tidak mengerjakan tugas sekolah atau tidak mau berangkat sekolah.

5. Cara mengasuh Anda yang kurang tepat

Credit: Tribun News

Selain faktor dalam diri anak, orangtua juga bisa menjadi alasan anak untuk berbuat atau berperilaku kurang baik. Hal ini umumnya terjadi pada orangtua yang menerapkan gaya pengasuhan yang salah, seperti terlalu banyak memberi kritik, terlalu protektif, terlalu memanjakan anak, atau menerapkan kekerasan.

 

Featured Image - Health Detik