Tidak semua hal di dalam pandemi virus corona yang berkepanjangan ini adalah hal yang buruk. Apalagi saat diri kamu yang mesti dikarantina sementara waktu, periode itu bisa kamu jadikan momen untuk menggali lebih banyak potensi yang ada di dalam diri kamu sendiri.

kamu tetap direkomendasikan untuk pulang ke rumah saja.

Oleh karena itu, kamu tentunya akan punya banyak waktu di rumah saja. Untuk memanfaatkan waktu yang banyak itu, kamu bisa mencoba melihat kembali ke dalam diri apakah ada potensi-potensi lainnya yang bisa kamu kembangkan.

Mengingat potensi-potensi yang ada di dalam dirimu juga bisa menentukan bagaimana karir masa depan kamu. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan waktu buat mencoba menggali lebih dalam lagi potensi yang ada di dalam diri kamu.

Nah sebelum kamu mulai mencoba menggali potensi yang ada di dalam diri kamu, dilansir dari situs CNN Indonesia – setidaknya ada empat tips yang bisa kamu cermati dan kamu terapkan, agar proses penggalian potensi bisa dilakukan secara maksimal.

 

 

Penasaran apa saja empat tips yang dimaksud? Daripada makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis untuk mengetahui lengkapnya ya!

 

4 Tips Untuk Menggali Potensi di Dalam Diri

Ingin Kembangkan Potensi Diri Selama Pandemi? Terapkan 4 Tips Berikut. credit image: cermati.com

 

Mulai Dari Hal-hal Kecil

Kamu tidak perlu langsung melangkah yang luas untuk menggali potensi di dalam diri kamu. Mulailah dengan langkah yang kecil-kecil namun pasti. Di sini, kamu secara tidak langsung akan menikmati tiap prosesnya.

Yang jelas, kamu mesti mulai. Jangan hanya kamu rencanakan saja tanpa ada aksi nyata. Misalnya, kamu bisa mulai dari hobi kamu seperti berkebun, memasak, atau hal lainnya yang sederhana. Bisa jadi, bakat atau potensi yang bagus di dalam diri kamu justru untuk hal-hal atau hobi seperti itu, lho!

Jika dilakukan dengan perlahan tapi serius, kamu bisa mencapai tahap di mana kamu paham sekali di mana potensi kamu berada dan bahkan kamu bisa menghasilkan dari hobi atau hal-hal kecil dan sederhana yang kamu lakukan dengan perlahan itu.

 

Tidak Gampang Untuk Menyerah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa memulai menggali potensi di dalam diri kamu dari langkah-langkah kecil. Tapi tidak berarti hal tersebut tidak menemukan tantangan yang berarti ya. Pasti ada saja di mana kamu mendapatkan momen kesulitan.

Tidak perlu putus asa, yang mesti kamu lakukan adalah terus mencoba dan tidak gampang menyerah soal hal itu. Menggali potensi di dalam diri juga butuh waktu, sehingga ada kemungkinan kamu akan melakukan banyak sekali percobaan. Secara singkat, jangan mudah menyerah untuk terus mencoba ya!

 

Ingin Kembangkan Potensi Diri Selama Pandemi? Terapkan 4 Tips Berikut. credit image: detik.com

 

Berikan Penilaian Untuk Hasil yang Ada

Di tips yang ketiga ini, kamu diminta untuk memberikan penilaian kepada setiap hasil yang ada. Jika diri kamu kesulitan menilai karena bisa saja jadi subjektif, kamu bisa minta tolong kepada orang lain untuk menilai apa saja yang sudah kamu coba.

Dari sini, kamu akan bisa mengevaluasi apa saja yang kurang dari segala percobaan yang sudah kamu lakukan. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan apa yang kamu lakukan, kamu bisa mencari tahu di mana ketidaknyamanan itu.

 

Terus Mengulang

Mungkin tips yang terakhir ini mirip dengan tips yang kedua. Kamu tidak perlu mudah berhenti di tengah jalan dan tidak mau lagi mengulang ekplorasi potensi di dalam diri kamu. Jika memang misalnya kamu sudah penat, mungkin kamu bisa mencari cara lain dalam menggali potensi di dalam diri.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari keempat cara atau tips di atas yang sudah disebutkan dan dijelaskan, apakah kamu sudah cermati dan siap untuk menerapkannya?

 

Feature Image – tipspengembangandiri.com