Selama pandemi, hobi berkebun atau sekedar menanam tanaman hias di rumah. 

Jika kamu tinggal di rumah dan memiliki lahan luas, tentu saja berkebun akan lebih mudah dilakukan. Lalu, bagaimana dengan yang tinggai di apartemen? Spot yang bisa dijadikan tempat berkebun terbatas. Eits, tapi tenang! kamu tetap bisa berkebun kok meskipun hanya mengandalkan lahan balkon saja. Jadi, kamu tetap bisa menyalurkan hobi kamu.

Nah, biar kamu nggak bingung, berikut ini tips simple dan nggak bikin repot yang bisa kamu terapkan saat akan memulai berkebun di balkon apartemen. Simak ulasannya.

5 Tips Berkebun di Balkon Apartemen

5 Tips Cerdas Berkebun di Lahan Sempit Seperti Balkon Apartemen / Credit: balconygardenweb.com

Susun Pot Dengan Rak

Kamu bisa menyiasati lahan balkon apartemen yang tidak terlalu luas dengan menambahkan rak. Nantinya, rak tersebut digunakan untuk menaruh pot- pot tanaman.

Usahakan untuk memilih rak dengan jarak antar shelf yang agak berjauhan, agar tanaman tidak perlu dempet- dempetan. Lalu, tempatkan rak tersebut di salah satu sisi balkon apartemenmu ya.

Posisikan Tanaman Dengan Tepat

Ketika berkebun di balkon apartemen, sebaiknya hindari tanaman yang tidak memiliki banyak daun dan memakan banyak tempat untuk tumbuh. Pilihlah tanaman berukuran kecil dan cocok berada di suhu balkon apartemen.

Misalnya, kamu bisa memilih kaktus yang dapat ditaruh di bawah terik matahari. Namun, jika kamu ingin menanam bibit sayur atau buah, tempatnya di area yang tidak  terkena sinar matahari terus menerus, karena dapat menyebabkan tanaman justru layu dan mati.

Pilih Ukuran Pot

Sebelum membeli pot, perhatikan kembali luas balkon apartemenmu. Hindari membeli pot tanaman yang terlalu besar, karena hanya dapat membuat balkon jadi semakin penuh dan sempit.

Sebaiknya, pilih pot dengan bentuk ramping yang tidak terlalu memakan banyak tempat. Dengan begitu, balkon apartemen tetap terlihat cantik, namun tidak hanya dipenuhi pot yang terlalu besar.

5 Tips Cerdas Berkebun di Lahan Sempit Seperti Balkon Apartemen / Credit: balconygardenweb.com

Buat Taman Vertikal

Jika balkon apartemenmu memiliki dinding di kiri dan kanannya, kamu bisa membuat taman vertikal. Tak perlu terlalu tinggi, cukup 1 meter saja sudah bisa membuat pemandangan jadi lebih cantik.

Kamu dapat memilih tanaman sayur dan herba. Jenis tanaman ini cukup mungil dan memiliki warna serta bentuk yang beragam. Sehingga, dapat membuat balkonmu terlihat lebih menarik.

Konsisten Adalah Kunci

Jika di rumah, tanaman terkena hujan bukanlah masalah, namun berbeda dengan balkon. Terutama jika apartemenmu berada di lantai yang tinggi, biasanya angin akan jauh lebih kencang dibanding lantai bawah.

Jadi, penting untuk selalu konsisten ketika berkebun di balkon apartemen. Saat musim hujan, kamu bisa memasukkan tanaman yang rentan mati. Sementara, saat musim panas, pastikan kamu menyiram tanaman dengan tepat dan tidak berlebihan. Dan ketika kamu harus pergi lama, masukkan tanaman ke dalam apartemen dan tempatkan di area yang bisa terkena matahari beberapa saat.

 

Wah, bagaimana nih? Apakah kamu jadi tertarik untuk mulai berkebun meskipun hanya memiliki lahan yang tidak luas? Jangan lupa terapkan kiat- kiat di atas ya ketika kamu akan mulai berkebun di balkon apartemen. Selamat mencoba!

 

Featured Image - housebeautiful.com

Source - popmama.com