Memang tidak semua orang bisa bekerja sembari mendengarkan musik. Tapi apakah kamu tahu kalau bekerja sambil mendengarkan musik ada beberapa manfaatnya? Di bahasan kali ini, kamu akan diajak untuk mengetahui setidaknya ada 4 manfaat bekerja sembari mendengarkan musik!

Dilansir dari situs urbanhire.com – salah satu manfaat besar bekerja dengan mendengarkan musik adalah untuk kesehatan mental. Berdasarkan penelitian, bekerja sambil mendengarkan musik akan lebih cepat menyelesaikan tugasnya.

 

 

Namun tidak berarti orang yang bekerja tidak sembari mendengarkan musik, tidak bisa cenderung akan melakukan kesalahan lebih banyak daripada yang bekerja sambil mendengarkan musik.

Sudah penasaran ya apa saja sebenarnya manfaat dari bekerja sambil mendengarkan musik? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

4 Manfaat Bekerja Sambil Dengar Musik

Ketahui 4 Alasan Mendengarkan Lagu Dapat Meningkatkan Semangat Kerjamu! credit image: topcareer.id

 

Meningkatnya Konsentrasi dan Kreativitas

Terlebih kamu mendengarkan musik kesukaan. Misalnya musik dengan genre yang kamu suka, dan tentu dengan penyanyi favorit kamu. Namun, untuk manfaat meningkatnya konsentrasi dan kreativitas ini bisa kamu dapat dari mendengarkan musik klasik, lho.

Musik klasik, dilansir dari situs yang sama – bisa membantu kamu meningkatkan daya konsentrasi sampai tingkat kreativitas kamu. Namun, hal ini juga berkaitan dengan kondisi pekerjaan kamu, ya. Jika memang kamu dalam rentang waktu yang sempit dan harus menyelesaikan pekerjaan tersebut, genre musik yang direkomendasikan adalah musik pop.

Musik pop cocok sekali buat kamu yang sedang dikejar tenggat waktu atau deadline. Hal ini dikarenakan oleh musik pop bisa membuat kamu tetap rileks walau memang sedang diburu-buru. Sehingga pekerjaan bisa selesai pada waktunya dan diselesaikan dengan tepat serta benar.

 

Ketahui 4 Alasan Mendengarkan Lagu Dapat Meningkatkan Semangat Kerjamu! credit image: kedainews.com

 

Mengurangi Kadar Stress

Manfaat kedua dari bekerja sambil mendengarkan musik adalah bisa mengurangi kadar stress. Pekerjaan yang bertubi-tubi, lingkungan kerja yang toxic, bahkan atasan atau bos yang tidak memerhatikan karyawannya, bisa kamu akali dengan bekerja sembari mendengarkan musik.

Terlebih jika kamu mendengarkan lagu dan penyanyi favorit – otak secara tidak langsung akan memberikan sinyal netral pada emosi kamu sehingga stress kamu terjaga dengan baik. Hal ini bisa juga membuat kamu lebih produktif, lho.

 

Mengurai Mood yang Tidak Baik

Mungkin manfaat yang satu ini sudah diketahui oleh banyak orang – bekerja sembari mendengarkan musik kesukaan bisa memperbaiki mood yang sedang tidak baik. Tahu mengapa bisa begitu? Musik kesukaan bisa menstimulasi otak untuk menghasilkan hormon serotonin dan dopamin.

Dua hormon ini adalah hormon yang memicu rasa bahagia, tenang dan nikmat dari otak untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, bekerja sembari mendengarkan musik bisa membuat mood kembali baik lagi, lho!

 

Ketahui 4 Alasan Mendengarkan Lagu Dapat Meningkatkan Semangat Kerjamu! credit image: suara.com

 

Menambah Semangat dan Motivasi

Manfaat terakhir atau manfaat keempat, bekerja sembari mendengarkan musik bisa membuat semangat dan motivasi kamu bertambah. Hal ini akan terjadi jika kamu mendengarkan musik yang agak sedikit keras seperti genre rock dan sejenisnya.

Cocok nih buat kamu dengarkan pagi-pagi sewaktu dalam perjalanan ke kantor agar begitu sampai di sana, kamu sudah semangat untuk menyelesaikan pekerjaan di hari itu.

 

 

Nah bagaimana? Sudah cukup jelas kalau empat manfaat bekerja sembari mendengarkan musik benar-benar bisa membantu kamu menyelesaikan pekerjaan? Bisa kamu terapkan ya!

 

Feature Image – cosmopolitan.co.id