Zaman sekarang pekerjaan sudah semakin banyak dan bervariatif. Meski begitu, seringkali kita merasa tidak nyaman dan merasakan kejenuhan dalam pekerjaan. Kejenuhan ini dapat memberikan dampak yang kurang baik seperti dapat menurunkan motivasi, tidak semangat dalam bekerja, serta turunnya performa dalam pekerjaan.

Jika kamu sedang mengalami hal ini, kamu bisa mengikuti tips ampuh berikut untuk menghilangkan jenuh dari rutinitas kerja.

1. Cobalah Aktivitas yang Menyenangkan di Luar Kantor

Credit: Hello Sehat

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jenuh dalam pekerjaan adalah melakukan aktivitas di luar kantor. Salah satu penyebab kejenuhan adalah kurangnya tantangan baru di dalam pekerjaan. Hal ini biasanya menyerang orang-orang yang selalu berkutat dengan tugas yang itu-itu saja.

Agar kamu merasa tertantang, cobalah untuk memulai aktivitas baru, seperti mengikuti kelas olahraga kick boxing, yoga, atau mengikut workshop. Hal-hal tersebut akan memberikan semangat baru dan membantu menyingkirkan kebosanan di kantor.

2. Menata Ulang Meja Kantor

Credit: Fimela

Menata ulang meja kantor kamu ternyata dapat memberikan kesegaran tersendiri. Luangkan waktu untuk mendekorasi mejamu dengan benda atau hal yang dapat menenangkanmu dari stress. Seperti menambahkan tanaman atau bunga di meja, lilin aromaterapi, dan lain-lain.

Jika kamu merasa jenuh dengan tempat dudukmu, cobalah sesekali pindah ke ruangan lain di kantormu seperti pantry atau duduk di dekat jendela.

3. Hang Out Bersama Sahabat

Credit: Hipwee

Berkumpul dengan orang terdekat akan memberikan kenyamanan dan relaksasi. Luangkan waktumu untuk melakukan kegiatan bersama sahabat setelah bekerja, seperti menonton film, makan malam, atau mungkin sekedar ngopi di kafe. Membagikan keluh kesah dengan sahabat juga dapat mengurangi beban stres yang kamu alami di kantor.

4. Jaga Kesehatan

Credit: Jawa Pos

Menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting agar kamu tetap fokus dan semangat bekerja. Hindari tidur terlalu larut karena dapat membuatmu mengantuk esok paginya.

Selain itu, salah satu penyebab kesulitan konsentrasi adalah dehidrasi dan kurangnya nutrisi ke dalam otak. Untuk itu jagalah pola makan sehat dan minum air mineral yang cukup supaya tubuh dan otakmu tetap terjaga.

5. Jangan Terlalu Memaksakan Dirimu

Credit: Top Media

Menjadi ambisius dan gila dalam bekerja sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, perlu diingat bahwa tubuh dan pikiranmu tetap membutuhkan istirahat. Kejenuhan yang tidak segera diatasi akan memberikan stress dalam jangka panjang.

Ketahui batasmu sangat bekerja, istirahat sejenak 10-15 menit setiap hari dengan mendengarkan lagu, membaca buku, atau curi-curi jalan-jalan ke taman terdekat.

 

Featured Image - Hipwee