Buat kamu yang masih bingung virus saat berada di dalam rumah, di bahasan kali ini ada lima cara yang direkomendasikan dari seorang ahli mikrobiologi. Apa dan bagaimana hal rekomendasinya? Selengkapnya di bahasan kali ini.

tidak hanya saat ada pandemi saja, ya.

Kesehatan dan kebersihan adalah hal utama yang harus ada di dalam rumah. Lalu bagaimana kamu bisa menyediakan kesehatan dan kebersihan yang dimaksud? Dilansir dari situs popmama dan goodhousekeeping – Dr. Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Amerika – memberikan rekomendasi terkait bagaimana membersihkan rumah untuk sehari-hari.

 

 

Penasaran apa saja rekomendasinya? Daripada penasaran dan malah menebak-nebak sendiri, sekarang sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui bagaimana selengkapnya ya!

 

5 Cara Ahli Mikrobiologi Bersihkan Rumah Sehari- Hari Untuk Hindari Penyebaran Virus. credit image: pospapua.com

 

Memprioritaskan Kebersihan Dapur dan Kamar Mandi

Dua ruangan terpisah yang ada di dalam rumah ini adalah ruangan penting yang disinyalir bisa dengan mudah menjadi sarang kuman atau bahkan virus ketika tidak selalu dibersihkan dengan baik dan benar. Gerba merekomendasikan untuk selalu memprioritaskan dua ruangan ini terlebih dahulu yang dibersihkan.

Kamar mandi adalah tempat di mana kamu bisa membersihkan diri kamu secara menyeluruh. Namun tidak berarti kamar mandi selalu bersih dari bakteri atau virus ya. Oleh karena itu, tiga hari sampai seminggu sekali, kamu wajib membersihkan kamar mandi dengan disinfektan, dan selanjutnya dengan berbagai peralatan kebersihan lainnya.

Kemudian dapur, menjadi tempat di mana asalnya makanan enak di rumah – dapur menjadi salah satu ruangan yang perlu kamu bersihkan secara berkala agar makanan yang keluar dari sana benar-benar aman dari bakteri atau virus.

 

Mencuci Tas Belanja Secara Berkala

Mengurangi kantong plastik adalah langkah yang baik untuk lingkungan. Mencuci tas belanja secara berkala atau sehabis digunakan adalah langkah yang tepat dan direkomendasikan oleh Gerba agar kamu dan keluarga terhindar dari bakteri dan virus yang berbahaya.

Wajar, tas belanja adalah wadah sementara belanjaan kamu yang bisa saja sudah dipegang banyak orang sebelumnya – oleh karena itu, membersihkannya adalah langkah yang direkomendasikan agar kamu dan keluarga aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

5 Cara Ahli Mikrobiologi Bersihkan Rumah Sehari- Hari Untuk Hindari Penyebaran Virus. credit image: brilio.net

 

Mencuci Handuk Seminggu Sekali

Handuk adalah alat pengering yang umum digunakan oleh banyak kalangan untuk mengeringkan sisa-sisa pembersihan kamu saat mandi. Ada hal yang perlu kamu ketahui yaitu mencucinya dalam waktu seminggu sekali.

Hal ini bisa menghindarkan kamu dari tumpukan bakteri atau virus yang bisa saja menempel di handuk setelah habis mandi. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkannya secara disiplin dan berkala.

 

Menggunakan Disinfektan Berbentuk Tisu

Cukup ampuh untuk membersihkan permukaan benda menggunakan disinfektan yang berbentuk tisu. Jadi seperti tisu basah yang mengandung disinfektan – cukup sukses untuk membersihkan permukaan barang yang misalnya ingin kamu pakai.

Terlebih penggunaannya juga praktis. Kamu tidak perlu menyemprot-nyemprot dulu lalu melapnya – dengan disinfektan berbentuk tisu, kamu bisa langsung lap permukaan benda yang kotor.

 

5 Cara Ahli Mikrobiologi Bersihkan Rumah Sehari- Hari Untuk Hindari Penyebaran Virus. credit image: thejakartapost.com

 

Gunakan Hand Sanitizer

Ketika kamu jauh dari akses fasilitas mencuci tangan dengan menggunakan sabun, hand sanitizer bisa kamu manfaatkan dan kamu gunakan untuk terus memastikan tangan kamu bersih dari bakteri dan kuman.

Namun kalau kamu bisa terus mengakses fasilitas untuk mencuci tangan dengan sabun, sila lakukan agar kamu tahu kalau tangan kamu tetap bersih dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari lima cara yang direkomendasikan oleh Gerba seorang ahli mikrobiologi – apakah kamu sudah paham semuanya? Jika iya, bisa kamu terapkan ya untuk di rumah!

 

Feature Image – dekoruma.com