Cukup menyebalkan membaca berbagai unggahan yang menginformasikan sesuatu yang tidak benar. Terlebih informasi yang disebarkan terkait dengan pandemi virus corona yang masih berkepanjangan ini. Apakah kamu tahu hoax atau berita tidak benar apa yang sedang hype beberapa waktu belakangan ini?

Dilansir dari detik.com – setidaknya ada 4 berita hoax yang sudah dirangkum menjadi top informasi yang tidak valid dan tidak benar. Apakah kamu sudah penasaran apa saja empat berita atau informasi yang tersebar tapi tidak kredibel itu?

Sebelum kita membahas apa saja empat hoax tersebut – perlu kamu ketahui kalau menyebar informasi yang tidak valid bisa saja menimbulkan banyak permasalahan, lho. Mulai dari kesalahpahaman data sampai hal-hal yang tidak mengenakan lainnya.

Oleh karena itu, kamu sebagai pengguna media sosial dan konsumen berita serta informasi – wajib teliti saat membaca informasi yang tersebar luas, ya. Jangan mudah menghakimi sebuah informasi tanpa benar-benar mengetahui data sebenarnya.

 

 

Wah kamu tentu sudah tidak sabar ya untuk mengetahui empat hoax yang sempat viral dan ramai diperbincangkan banyak orang di media sosial dan platform lainnya? Daripada menebak-nebak sendiri apa saja hoax tersebut, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

4 Hoax Soal Virus Corona

Yang Ramai Belakangan Ini

 

 

Hoax! Ini 4 Informasi Keliru Mengenai Covid-19 yang Wajib Kamu Ketahui. credit image: cnnindonesia.com

 

Konsumsi Bawang Putih Bisa Tangkal Covid-19?

Informasi yang satu ini sempat benar-benar tersebar luas karena banyak yang tidak membaca selengkapnya atau tidak melakukan riset dahulu sebelum membagikannya dengan orang lain. Sempat tersebar luas kalau makan bawang putih bisa tangkah Covid-19.

Sayangnya informasi ini tidak dilanjuti dengan berbagai penelitian yang harusnya mendukung data yang satu ini. Oleh karena itu, sebaiknya jika ada informasi seperti ini – tidak perlu kamu sebarluaskan, ya. Walau memang mengonsumsi bawang putih tidak begitu bermasalah untuk tubuh kamu.

Tapi seandainya ada orang yang membaca berita ini dan akhirnya memakan bawang putih secara berlebihan, tentu akan efek sampingnya sendiri. Seperti seorang wanita dari Tiongkok yang memakan 1,5 kilogram bawang putih dan mesti berakhir di rumah sakit.

 

Hoax! Ini 4 Informasi Keliru Mengenai Covid-19 yang Wajib Kamu Ketahui. credit image: detik.com

 

Minum Air Putih Tiap 15 Menit

Walau di berita atau informasi tersebut terdapat kata-kata sepert ‘direkomendasikan oleh dokter dari Jepang atau negara-negara maju lainnya’ sebaiknya kamu telaah benar-benar dengan teliti sehingga tidak termakan berita hoax, ya.

Beberapa waktu lalu ada berita soal konsumsi atau minum air putih setiap 15 menit sekali, akan menghindarkan kamu dari virus corona. Sayangnya, ini tidak juga didukung oleh data lainnya yang menguatkan pernyataan tersebut.

Dilansir dari detik.com – Professor Trudie Lang dari Oxford University mengatakan kalau tidak ada mekanisme biologisy ang mendukung pernyataan kalau minum air putih setiap 15 menit sekali bisa membasmi virus. Mungkin yang ada kamu akan kembung, nih!

Virus corona memang bisa saja masuk lewat mulut ke saluran pernapasan. Namun bukan berarti bisa masuk lewat mulut sehingga kamu disarankan untuk minum air putih setiap 15 menit sekali, nih. Tidak dengan metode seperti itu, sih!

 

Hoax! Ini 4 Informasi Keliru Mengenai Covid-19 yang Wajib Kamu Ketahui. credit image: detik.com

 

Thermo Gun Bisa Rusak Otak!

Yang belum lama tersebar di berbagai platform media sosial – ada berita yang mengatakan kalau thermo gun bisa merusak otak manusia. Sebagai alat pengukur suhu tubuh dengan berbentuk pistol yang diarahkan ke kening untuk mengetahui suhu tubuh seseorang tersebut, thermo gun hanya untuk mengukur suhu tubuh saja.

Jika dikatakan bisa merusak otak karena ada radiasi yang bisa membobol struktur dan jaringan otak – itu tidak benar. Hal ini dijelaskan oleh para pakar dari Departemen Fisika Kesehatan Kedokteran Medical Technology, FKUI – mengatakan bahwa thermo gun tidak berbahaya.

Sinar yang keluar dari thermo gun adalah inframerah yang akan menangkap energi radiasi dari tubuh dan ubah menjadi energi listrik. Kemudian, energi tersebut akan dikonversikan sebagai angka digital yang menunjukan seberapa tinggi/rendah suhu seseorang tersebut.

Jadi thermo gun tidak memancarkan radiasi yang berbahaya untuk otak. Alat pengukur suhu tubuh ini juga tidak mengeluarkan laser ya.

 

Hoax! Ini 4 Informasi Keliru Mengenai Covid-19 yang Wajib Kamu Ketahui. credit image: halodoc.com

 

Mandi Air Panas Bisa Bunuh Virus Corona

Kalau sinar matahari – seperti yang dikatakan oleh Professor Bloomfield, mungkin bisa menghindarkan kamu dari virus corona. Tapi dengan mandi air panas, ini tidak membuat kamu lantas bisa membunuh virus tersebut.

Dilansir dari detik.com dan BBC – Professor Bloomfield mengatakan kalau virus tersebut sudah masuk ke tubuh, hanya tubuh kamu yang bisa melawan virus tersebut. Lagipula, untuk membunuh virus, dibutuhkan suhu lebih dari 60 derajat celsius.

Kalau suhu tersebut mengenakan kulit manusia – pastinya tidak akan baik untuk kulit manusia karena bisa saja malah akan terluka.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai penjelasan di atas – mudah-mudahan bisa membuat pikiran kamu terbuka dan kritis terhadap berita-berita atau data yang berseliweran di media sosial ya. Jangan membuat kegaduhan karena kamu asal menyebar berita tidak kredibel itu.

 

Feature Image – detik.com