Cukup mengagetkan kalau ternyata masih banyak yang belum sadar akan pentingnya penggunaan masker di rutinitas sehari-hari. Padahal sudah cukup jelas kalau penggunaan masker menjadi hal yang fundamental sebagai langkah pencegahan infeksi virus corona.

Dilansir dari CNN Indonesia – tidak hanya di Indonesia, beberapa negara lain, bahkan termasuk seperti negara maju, Inggris – banyak orang yang kerap masih lalai dalam penggunaan masker. Venky Ramakrishnan sebagai Presiden Royal Society Inggris, berpendapat kalau kalangan yang menolak menggunakan masker di tengah pandemi virus corona ini bisa dan boleh dianggap tabu.

Pandangan tabu ini kurang lebih mirip dengan perihal orang yang menyetir mobil dalam kondisi mabuk atau tanpa menggunakan sabuk pengaman. Harusnya tidak menggunakan masker adalah perilaku yang tidak bisa diterima secara sosial.

 

 

Ramakrishnan mengatakan di CNN kalau publik di Inggris memang sudah menerapkan dan melakukan cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak dengan yang lainnya – namun mereka tetap skeptis soal penggunaan masker untuk rutinitas.

Ia melihat masih banyak orang yang tidak menggunakan masker – terlebih jika berada di transportasi publik – di mana harusnya mereka mematuhi berbagai aturan dari protokol kesehatan yang mengharuskan penggunaan masker ketika berada di luar rumah.

 

Penggunaan Masker Sering Disepelekan, Ahli Sebut Harusnya Ini Jadi Hal Tabu. credit image: ayojakarta.com

 

Giat untuk mengingatkan penggunaan masker dilakukan oleh Ramakrishnan bukan tanpa alasan. Sejumlah laporan dari departemen kesehatan di sana dan berbagai rekomendasi dari para ahli dan dokter, menggunakan masker bisa melindungi diri dan orang sekitarnya.

Masih dilansir dari CNN Indonesia – ada beberapa kesalahan dalam penggunaan masker yang terjadi di banyak orang, termasuk di Indonesia juga. Berikut deretan kesalahannya:

 

Penggunaan Masker Sering Disepelekan, Ahli Sebut Harusnya Ini Jadi Hal Tabu. credit image: mediaindonesia.com

 

6 Kesalahan Dalam Penggunaan Masker

 

Tidak Cuci Tangan Sebelum Pemakaian – baiknya kamu mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir, atau setidaknya kamu menggunakan hand sanitizer sebelum mengenakan masker agar masker tetap bersih.

 

Hanya Menutup Bagian Mulut – ini menjadi salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh banyak orang. Perihal maskernya hanya menutup bagian mulut saja. Seharusnya penggunaan masker menutup keseluruhan bagian hidung, mulut bahkan sampai dagu.

 

Menurunkan Masker ke Dagu – yang belum lama viral kalau ternyata banyak orang yang masih menurunkan maskernya ke dagu. Padahal hal ini akan membaut area kulit di sekitar dagu terpapar bakteri atau virus dari permukaan masker yang menempel.

 

Melipat Masker – jika ingin melipat masker, lipat dengan tepat jangan sampai bagian luar masker menyentuh bagian dalam masker karena akan membuat bagian dalam tersebut kotor, dan bahkan berpotensi terinfeksi bakteri atau virus.

 

Menyentuh Bagian Depan Masker – sebaiknya kamu tidak perlu menyentuh bagian depan masker. Karena bagian depan adalah bagian pertama yang terpapar apapun jika kamu berada di luar rumah. Ketika ingin melepaskan masker, pastikan kamu melepas tali atau karet pengikatnya saja dari telinga.

 

Terlalu Lama Memakai Masker – WHO sebagai organisasi kesehatan dunia, merekomendasikan untuk mengganti masker setiap empat jam sekali dan ketika masker kamu basah, cepat ganti dengan yang baru.

 

 

Wah dari penjelasan seperti itu di atas – apakah kamu sudah paham soal penggunaan masker yang benar? Pastikan kamu menggunakan masker karena ini sudah terbukti cukup menghindarkan kamu dari infeksi virus corona ya.

 

Feature Image – okezone.com