Jaga Kekebalan Tubuh, Ini Panduan Pola Makan Gizi Seimbang Selama Pandemi

Jaga Kekebalan Tubuh, Ini Panduan Pola Makan Gizi Seimbang Selama Pandemi

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau pola makan dan gizi yang seimbang bisa membuat tubuh tetap sehat dan sistem imun serta daya tahan tubuh terjaga dengan baik. Pertanyaannya adalah, seperti apa sih pola makan dengan gizi seimbang?

Lembaga internasional di bawah naungan PBB, yaitu FAO atau Badan Pangan dan Pertanian dunia, merekomendasikan untuk semua orang di dunia untuk menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang selama pandemi Covid-19.

Hal ini mengacu kepada pengetahuan yang menunjukan virus corona akan dengan mudah menginfeksi seseorang yang mempunyai sistem imun dan daya tahan tubuh yang lemah. Oleh karena itu memiliki daya tahan tubuh yang optimal adalah keharusan buat kamu untuk sekarang ini.

Di dalam pandemi virus corona yang berkepanjangan ini, fase new normal atau kenormalan baru ini membuat kamu memang bisa kembali beraktivitas seperti biasa, namun dengan catatan tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Selain sudah berupaya melindungi diri dari paparan virus corona dengan menerapkan berbagai poin yang ada di protokol kesehatan, daya tahan tubuh yang kuat dan sistem imun yang bagus perlu kamu bangun. Salah satu cara membangunnya adalah dengan mempunyai pola makan sehat dan gizi seimbang.

 

 

Lalu bagaimana pola makan sehat tersebut? Apa itu gizi seimbang? Jika kamu mempunyai pertanyaan seperti ini di dalam benak, tenang – kamu sudah berada di halaman artikel yang tepat karena di bawah ini, akan diulas beberapa panduan untuk mempunyai pola makan sehat dan gizi seimbang.

 

Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang

 

Jaga Kekebalan Tubuh, Ini Panduan Pola Makan Gizi Seimbang Selama Pandemi

Jaga Kekebalan Tubuh, Ini Panduan Pola Makan Gizi Seimbang Selama Pandemi. credit imagr idntimes.com

 

Komposisi Jenis Makanan yang Lengkap

Salah satu panduan pertama yang bisa kamu ketahui untuk memiliki pola makan sehat dan gizi seimbang adalah dengan melengkapi segala asupan yang mesti kamu konsumsi. Kementerian Kesehatan punya program ini yang bernama Piring Makanku.

Di dalam program tersebut, kamu diajak untuk mengetahui seberapa banyak porsi makanan yang ada di dalam satu piring kamu. Seperti terdapat sumber karbohidrat layaknya nasi, kentang, lalu ada lauk-pauk, sayuran dan buah-buahan.

Usahakan dalam piring makan kamu, terdapat jenis-jenis asupan seperti yang sudah disebutkan di atas. Sayuran dan buah-buahan adalah komponen penting untuk menyeimbangkan asupan yang masuk ke dalam diri kamu, lho.

 

Jaga Kekebalan Tubuh, Ini Panduan Pola Makan Gizi Seimbang Selama Pandemi

Jaga Kekebalan Tubuh, Ini Panduan Pola Makan Gizi Seimbang Selama Pandemi. credit image: kumparan.com

 

Konsumsi Buah dan Sayuran Lebih Banyak

Mengonsumsi buah dan sayuran lebih banyak artinya tubuh kamu bisa mendapatkan asupan vitamin, mineral dan serat yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Usahakan kamu mengonsumsi buah dan sayuran segar ya.

Jika tidak ada di dalam piring makan kamu – seperti yang sudah dijelaskan di atas – buah dan sayuran bisa jadi menu di luar makan utama, lho. Buah dan sayuran bisa menjadi camilan yang enak sekaligus sehat yang bisa kamu konsumsi!

 

Batasi Asupan Gula, Garam dan Lemak

Mengonsumsi makanan dengan rasa yang tebal memang sangat menggiurkan untuk indera perasa kita. Bahkan beberapa ditemukan kalau mereka yang merasa tertekan terlebih karena kondisi yang tercipta karena pandemi virus corona yang berkepanjangan ini, akhirnya jadi makan yang banyak.

Sayangnya, dengan keadaan tersebut – asupan gula, garam dan lemak kamu jadi tidak terkendali – yang bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan dari dalam tubuh kamu. Oleh karena itu, ada baiknya kamu batasi konsumsi gula, garam dan lemak.

Kamu bisa ikuti seperti ini:

 

  • Gula hanya 4 sendok makan dalam satu hari – atau jika diukur dengan angka, hanya 50 gram saja
  • Garam hanya 1 sendok teh atau 5 gram dalam sehari

 

Jaga Kekebalan Tubuh, Ini Panduan Pola Makan Gizi Seimbang Selama Pandemi

Jaga Kekebalan Tubuh, Ini Panduan Pola Makan Gizi Seimbang Selama Pandemi. credit image: detik.com

 

Jangan Sampai Dehidrasi

Dehidrasi bisa membuat sistem imun dan daya tahan tubuh kamu menjadi kacau, lho. Kekurangan mineral dan zat lainnya bisa berakibat fatal untuk tubuh kamu, terlebih buat kamu yang mempunyai segudang aktivitas setiap harinya.

Oleh karena itu, pastikan kamu tidak kekurangan cairan setiap harinya agar sistem imun dan daya tahan tubuh kamu tetap terjaga dengan baik.

 

Lengkapi Asupan Kamu dengan Enervon-C

Multivitamin adalah salah satu komponen yang bisa melengkapi asupan nutrisi yang kamu butuhkan dalam setiap harinya. Ada baiknya kamu pilih multivitamin yang bisa juga bantu jaga daya tahan tubuh kamu untuk tetap optimal terus seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh. Cukup oke kalau kamu mau konsumsi tiap hari karena sifat zat yang ada di dalam multivitamin ini cepat larut di dalam air sehingga ini artinya tubuh akan dengan mudah menyerapnya.

Jika ada sisa zat sudah tidak terserap lagi oleh tubuh, sisa zat tersebut akan keluar dengan mudah melalui urin. Enervon-C juga hadir dalam bentuk Effervescent, lho. Cocok sekali untuk kamu kombinasikan dengan air dingin karena begitu menyegarkan!

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai penjelasan yang ada di atas – apakah kamu sudah paham semuanya? Jika iya, tentu bisa kamu terapkan ya!

 

Feature Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Gabriel Andreas - August 3, 2020 at 12:57 PM

sangat bermanfaat!
http://sehati.my.id/