Selain itu, saat ini pelindung wajah atau face shield juga sering digunakan sebagai perlindungan tambahan.

Face shield sendiri digunakan untuk melindungi wajah termasuk area bibir yang ditutup masker dan mata dari paparan virus maupun bakteri. Agar efektif, face shield harus digunakan secara tepat dan sesuai. Selain efektif, langkah ini juga diambil agar face shield tidak terkontaminasi virus, yang justru bisa jadi sarang kuman.

Berikut ini sejumlah langkah menggunakan face shield yang tepat.

 

 

6 Cara Menggunakan Face Shield

Ketahui Cara Tepat Gunakan Face Shield Untuk Cegah Penularan Virus / Credit: instyle.com

Pastikan Tetap Gunakan Masker

Ketika menggunakan face shield, bukan berarti tidak masalah jika tidak menggunakan masker. Pemakaian face shield akan lebih efektif juga dibarengi dengan masker. Jika hanya menggunakan face shield saja, justru dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus karena bagian mulut dan hidung kurang terlindungi.

Hindari Menyentuh Bagian Depan Face Shield

Yang wajib diperhatikan, hindari menyentuh bagian depan face shield. Ini karena bagian depannya termasuk bagian yang terkena langsung dengan udara luar. Jadi, sudah pasti ada kuman dan bakteri yang menempel.

Oleh karena itu, hindari menyentuh bagian depan face shield. Namun, apabila tak sengaja tersentuh, segera cuci tangan dengan air dan sabun.

Lepaskan Face Shield Dengan Benar

Sama seperti saat melepaskan masker, face shied juga harus dibuka dengan benar. Hindari menyentuh bagian depan, lepas face shield dengan menyentuh bagian gagang agar tangan tidak terkontaminasi virus dari bagian depan face shield.

Ketahui Cara Tepat Gunakan Face Shield Untuk Cegah Penularan Virus / Credit: id.theasianparent.com

Kurangi Frekuensi Melepas Face Shield

Agar pelindungannya semakin efektif, kurangi melepas dan memakai kembali face shield. Semakin sering kamu melakukan hal ini, maka risiko penularan virus akan semakin meningkat.

Letakkan Face Shield Di Tempat Bersih

Simpan face shield dengan baik dan benar di tempat yang bersih. Hindari meletakkannya sembarangan setelah digunakan. Hal ini dilakkan agar tidak ada bakteri maupun virus yang menempel pada bagian face shield.

Bersihkan Secara Rutin

Selalu bersihkan face shield secara rutin sebelum dan setelah digunakan. Disarankan untuk membersihkannya menggunakan alkohol 70 persen. Atau bisa juga dibersihkan menggunakan detergen dan air, lalu dikeringkan.

Yang perlu diingat, ketika kamu menggunakan face shield sebisa mungkin ikuti cara yang tepat agar perlindungan tetap efektif dan mengurangi penularan virus corona.

 

 

Featured Image - upstatebusinessjournal.com