5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Salah Satunya Untuk Jaga Imunitas!

5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Salah Satunya Untuk Jaga Imunitas!

Karena banyak kalangan yang sudah sadar akan keutamaan dari kebersihan dan kesehatan, apapun cara untuk mendapatkan kesehatan yang baik, pasti mereka lakukan. Seperti berolahraga, olahraga lari adalah salah satu aktivitas yang bisa bantu kamu punya tubuh yang kuat.

Hal ini disinyalir dari berbagai manfaat yang ada di olahraga lari atau jogging. Pertanyaan selanjutnya adalah di waktu kapan olahraga lari bisa sangat bermanfaat untuk tubuh? Yang paling umum dilakukan adalah lari pagi.

Lari pagi membuat kamu berpotensi mendapatkan udara segar yang masih bersih. Hal tersebut tentu baik untuk pernapasan kamu. Nah selain manfaat tersebut, masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari lari pagi.

 

 

Penasaran apa saja? Tenang, di bahasan kali ini – setidaknya ada 5 manfaat lagi dari olahraga lari pagi yang akan disebutkan dan dijelaskan buat kamu. Untuk selengkapnya, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

5 Manfaat Dari Lari Pagi

 

5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Salah Satunya Untuk Jaga Imunitas!

5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Salah Satunya Untuk Jaga Imunitas! credit image:hipwee.com

Jantung Sehat dan Terhindar dari Hipertensi

Seperti yang diketahui bersama kalau berlari, atau lari pagi adalah salah satu jenis olahraga kardio yang paling mudah untuk dilakukan. Terlebih manfaatnya untuk tubuh cukup fundamental. Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan adalah jantung yang lebih sehat.

Hal ini terkait dengan gerakan jantung yang terlatih untuk bekerja dengan baik sehingga statusnya akan lebih sehat dibandingkan orang yang jarang berolahraga. Dari sini, lari pagi juga bermanfaat untuk menghindarkan kamu dari berbagai penyakit jantung.

Sebut saja seperti jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol jahat, sampai hipertensi – bisa kamu hindari dengan mudah dengan rajin lari pagi.

 

5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Salah Satunya Untuk Jaga Imunitas!

5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Salah Satunya Untuk Jaga Imunitas! credit image: liputan6.com

Sistem Pernapasan Semakin Sehat

Seperti yang sudah sempat disebutkan di atas kalau lari pagi bisa membuat pernapasan lebih baik. Udara bersih dengan kandungan oksigen yang tinggi ada di pagi hari. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan atau menghirup banyak udara bersih.

Sehingga paru-paru akan kaya akan oksigen jadi pasti lebih sehat. Terlebih, dengan keadaan seperti ini, sistem dan cara kerja paru-paru akan semakin maksimal. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari berbagai penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis dan penyakit pernapasan lainnya.

 

Otot Bisa Berfungsi Maksimal

Lari pagi bukan hanya untuk otot-otot kaki saja. Tapi semua otot terpacu untuk bisa berfungsi semakin maksimal. Buat kamu yang rutin lari pagi, berbagai otot di tubuh akan beradaptasi, dan membentuk massa yang lebih padat.

Jika sudah seperti ini, tidak heran jika kamu nanti akan mendapatkan berat badan yang ideal. Kemudian, manfaat lainnya juga otot-otot yang ada di tubuh kamu menjadi tidak mudah sakit. Tidak ada lagi kasus kaki pegal-pegal karena habis jalan jauh karena kamu sudah biasa berolahraga seperti lari pagi.

 

5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Salah Satunya Untuk Jaga Imunitas!

5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Salah Satunya Untuk Jaga Imunitas! credit image: tirto.id

Mencegah Rematik

Tidak hanya kalangan orang tua saja yang berkemungkinan mempunyai penyakit rematik, tapi buat kamu yang masih muda dan jarang berolahraga, rematik bisa saja menghantui kamu. Oleh karena itu, lari pagi bisa menghindarkan kamu dari penyakit yang satu ini.

Hal ini karena saat kamu aktif berlari, kedua kaki, pinggul, tangan dan bagian lainnya juga ikut bergerak. Sehingga otot-otot tubuh semakin lentur sehingga persendian menjadi terlumasi dengan baik dan juga menguatkan tulang.

 

Mencegah Diabetes

Ketika kamu sudah obesitas atau berat badan yang jauh melampaui batas standar, penyakit yang mudah menghantui kamu adalah diabetes. Kalau sudah kena penyakit ini, tentu hidup sudah tidak begitu nikmat lagi.

Oleh karena itu, rutin lari pagi bisa menghindarkan kamu dari penyakit yang satu ini. Lari pagi bisa membuat tubuh kamu meningkatkan sensitifitas sel terhadap produksi insulin sehingga gula darah kamu akan terjaga dalam keadaan normal.

Terlepas dari berbagai manfaat lari pagi yang sudah dibahas di atas – ada satu hal lagi yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C juga bisa bantu kamu untuk punya daya tahan tubuh yang baik.

Enervon-C mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme yang lebih baik, kamu perlu mengonsumsi multivitamin ini agar punya sistem imun yang lebih baik sehingga tidak mudah sakit.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai informasi yang sudah disebutkan di atas – apakah kamu sudah paham semuanya? Jika iya, bisa kamu mulai terapkan nih untuk bisa berolahraga berlari di pagi hari!

 

Feature Image – hipwee.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!