Sarapan pagi adalah salah satu waktu makan yang tak boleh dilewatkan. Karena, sarapan dapat memberikan energi dan memberi rasa kenyang yang cukup hingga waktu makan siang tiba. Menu sarapan identik dengan makanan yang penuh nutrisi dan menyenangkan.

Menu sarapan pagi di berbagai negara pasti berbeda ya, ada yang masyarakatnya menyukai mengonsumsi roti di pagi hari, ada pula yang memilih menu berbagai macam pastry untuk sarapan. Nah, kalau orang Indonesia sendiri lebih suka makanan yang berbahan dasar beras yang cukup mengenyangkan perut.

Selain itu, ada sejumlah menu sarapan favorit ala orang Indonesia lainnya yang bisa kamu simak diulasan berikut ini.

 

 

7 Makanan Khas Indonesia yang Dijadikan Menu Sarapan

Sejumlah Makanan Khas Indonesia yang Sering Dijadikan Menu Sarapan / Credit: beritagar.id

Bubur

Di Indonesia, bubur merupakan salah satu menu sarapan yang digemari banyak orang. Uniknya, disini ada sejumlah varian bubur dari berbagai daerah, misalnya bubur Manado atau Tinutuan. Makanan ini seringkali dijadikan menu sarapan di Manado, lho.

Dalam satu porsi bubur Tinutuan, terdapat potongan bayam, jagung manis, dan labu kuning. Lalu, diberikan pula tambahan ikan goreng nike yang menjadi penambah kelezatan bubur ini!

 

Nasi Kuning

Siapa sih yang tidak kenal dengan nasi kuning? Hampir semua orang pasti tahu dan pernah mencicipinya. Di beberapa daerah seperti Sulawesi dan Jawa, nasi kuning merupakan menu sarapan andalan, nih.

Apalagi, jika nasi kuning disantap dengan sambal, wah semakin terasa nikmat.

 

Nasi Krawu

Menu sarapan khas Indonesia dari Gresik ini merupakan olahan nasi putih yang disajikan di atas daun pisang dan diberi tambahan irisan daging sapi, jeroan, dan serundeng atau yang sering disebut krawu.

 

Nasi Uduk

Nasi uduk salah satu menu sarapan yang mudah sekali ditemukan, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Nasi uduk dikenal sebagai makanan khas Indonesia yang bisa kamu santap dengan berbagai lauk pelengkap, seperti semur tahu, tempe goreng, ayam goreng, atau semur telur.

Sejumlah Makanan Khas Indonesia yang Sering Dijadikan Menu Sarapan / Credit: health.detik.com

Nasi Goreng

Nggak punya banyak waktu buat siapin menu sarapan? Nasi goreng bisa jadi pilihanmu! Selain mudah dan praktis, nasi goreng juga bisa dikreasikan dengan berbagai lauk pelengkap seperti daging, sayuran, telur, dan lain sebagainya.

Nasi goreng akan semakin nikmat jika ditambahkan potongan cabai untuk menambah rasa pedas pada masakan.

 

Lontong Sayur

Lontong sayur seringkali dijadikan menu sarapan oleh orang Indonesia, bahkan tak jarang orang yang memburu menu masakan ini. Setiap daerah biasanya memiliki lontong sayur dengan ciri khasnya tersendiri, misalnya lontong sayur dari Padang yang disajikan bersama gulai nangka muda dan buncis.

 

Nasi Gudeg

Kalau di Jogja, nasi gudeg merupakan hidangan sarapan yang paling digemari, nih. Dalam satu porsi nasi gudeg, biasanya sudah dilengkapi dengan sambal krecek, lauk seperti telur rebus yang sudah dibumbui, ayam suwir, tempe bacem, tahu, ikan, dan lain sebagainya.

Dan nasi gudeg juga dilengkapi siraman kuah kental bercita rasa manis yang dapat menambah kelezatan menu ini.

 

 

Wah, bagaimana? Menu- menu sarapan khas Indonesia di atas memang bikin ngiler ya! Kalau kamu, paling sering makan menu masakan yang mana nih?

 

Featured Image - resepbundahaifa.com