kebiasaan dalam kehidupan sehari- hari.

Berbagai perubahan yang dialami bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup yang berharga bagi kita semua. Karena, tak hanya dampak negatif saja yang ditimbulkan oleh pandemi, tapi ada pula dampak positifnya. Misalnya, menurut situs BMJ atau British Medical Journal, pandemi Covid-19 membuat masyarakat semakin serius dalam masalah kesehatan.

Selain itu, masih ada sejumlah dampak positif dan negatif lainnya yang bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Dampak Positif Pandemi Covid-19

Bisa Dijadikan Pelajaran, Begini Dampak Positif dan Negatif dari Pandemi  / Credit: insider.com

Selain masyarakat yang lebih sadar akan kesehatan, dampak positif dari pandemi Covid-19 lainnya adalah jumlah kasus gangguan pernapasan anak di rumah sakit cukup menurun. Gangguan ini meliputi influenza, parainfluenza, respiratory syncytial virus, dan human metapneumovirus. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang Direktur Medis di Rady Children’s Hospital, San Diego, California.

Penurunan tersebut disebabkan karena adanya karantina mandiri, yang berarti anak- anak tetap berada di rumah, dan tidak berada di sekolah maupun daycare.

menerapkan hidup sehat juga berpengaruh pada penurunan risiko infeksi. 

Berdasarkan data dari jurnal Positive Effects of Covid-19 Control Measures on Influenza Prevention, menyebutkan bahwa pencegahan Covid-19 yang diterapkan masyarakat berdampak pada menurunnya angka penularan penyakit yang mirip flu.

Usaha pencegahan tersebut meliputi karantina mandiri, social lockdown yang diterapkan oleh masing- masing daerah atau negara, dan menggunakan masker yang dapat meningkatkan perlindungan diri serta mengurangi risiko penularan berbagai macam virus.

 

Dampak Negatif Pandemi Covid-19

Bisa Dijadikan Pelajaran, Begini Dampak Positif dan Negatif dari Pandemi  / Credit: gintong.me

Di sisi lain, pandemi virus corona juga memberikan berbagai dampak negatif. Tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga kehidupan sehari- hari. Seperti terbatasnya aktivitas di luar rumah, ekonomi yang mulai menurun, hingga banyak masyarakat yang PHK.

Hingga saat ini, masih belum diketahui kapan situasi ini akan berakhir, dan yang bisa dilakukan hanyalah langkah pencegahan. Jadi, usahakan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, seperti rutin cuci tangan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet, menerapkan etika batuk dan bersin, menerapkan jaga jarak. 

Dampak positif dan negatif dari pandemi memang memberi banyak pelajaran, terutama dalam hal pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Berbagai langkah pencegahan yang sudah diterapkan saat ini, dapat dijadikan sebagai bekal untuk menghadapi berbagai penyakit lainnya.

 


Featured Image - couriernewsroom.com

Source - detik.com