Saat ini, virus corona dapat menyebar sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya.

Penularan virus corona dapat terjadi melalui percikan droplets dari seseorang yang sudah terinfeksi Covid-19, dan menempel pada orang yang ada di sekitarnya. Atau seperti yang sudah dikonfirmasi WHO, bahwa virus corona juga dapat menular melalui udara atau airborne, terutama pada ruangan tertutup seperti gedung perkantoran dan mall.

Namun, sudah tahukah kamu kapan sebenarnya virus tersebut dapat menular ke orang lain? Dan dalam rentang waktu berapa lama kah virus tersebut bisa disebarkan pada orang sekitar?

 

 

 

Rentang Waktu Pasien Covid-19 Menularan Virus

Rentang Waktu Pasien Covid-19 Menularan Virus yang Perlu Diketahui / Credit: health.detik.com

Dilansir dari Metro UK, saat orang sudah terinfeksi virus, diperkirakan ia dapat menularkan penyakit tersebut ke orang lain setidaknya selama 7 hari sejak muncul gejala. Tapi, ada dugaan lain bahwa virus corona dapat menular 1-3 hari sebelum gejala muncul.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Singapura pada bulan Mei lalu, sebagian besar pasien Covid-19 tidak akan menularkan virus lagi setelah 11 hari terinfeksi. Lalu, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa meskipun pasien positif kembali setelah dua tahun, virus tersebut tidak lagi bisa ditularkan ke orang lain.

Kemudian, seorang ilmuwan asal Inggris, Sir Patrik Vallance, mengatakan bahwa waktu yang paling rentan untuk menularan virus adalah satu sampai dua hari sebelum gejala muncul. Atau paling tidak, 2-3 hari setelah munculnya gejala.

Sementara, dari rentang waktu 5-7 hari, seseorang yang sudah positif Covid-19 memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk menularkan virus.

 

Lalu, Bagaimana Cara Terbaik Mencegah Penularan?

Rentang Waktu Pasien Covid-19 Menularkan Virus yang Perlu Diketahui / Credit: theglobeandmail.com

Langkah tepat untuk mencegah penularan adalah dengan melakukan karantina atau isolasi diri. Bagi mereka yang sudah terkonfirmasi positif, segera isolasi diri selama 7 hari sejak gejala awal muncul. Sementara itu, bagi mereka yang melakukan kontak dengan pasien positif, direkomendasikan untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari.

 

Featured Image - thejakartapost.com

Source - detik.com